Jumat 17 Jun 2022 00:20 WIB

Ini yang Terjadi Menit Demi Menit Usai Meneguk Minuman Soda Rendah Kalori

Betulkah minuman bersoda buruk untuk kesehatan?

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman soda (ilustrasi). Minuman bersoda juga ada yang memakai pemanis rendah kalori sebagai pengganti sukrosa, glukosa, dan fruktosa.
Foto: PxHere
Minuman soda (ilustrasi). Minuman bersoda juga ada yang memakai pemanis rendah kalori sebagai pengganti sukrosa, glukosa, dan fruktosa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi kebanyakan orang, soda termasuk minuman menyegarkan. Apalagi, ada minuman bersoda yang rendah kalori. Namun, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh ketika Anda meminumnya?

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa meneguk minuman dengan pemanis buatan seperti ini dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Current Atherosclerosis Reports memperingatkan bahwa minuman tersebut mungkin berkontribusi terhadap diabetes tipe 2. Akan tetapi, dampaknya tidak akan sama bagi orang yang hanya mengonsumsi sekaleng  minuman bersoda sesekali.

Baca Juga

Minuman bersoda juga ada yang memakai pemanis rendah kalori sebagai pengganti sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Minumannya memiliki rasa manis yang intens tanpa kalori.

Minuman dengan pemanis buatan (ASB) juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian dan penyakit kardiovaskular, strok, dan demensia di antara orang tua. Meski begitu, penyebabnya masih belum jelas.

Satu studi oleh para ahli di Zhengzhou University di China menemukan bahwa orang yang mengonsumsi minuman manis memiliki lima persen peningkatan risiko kematian karena sebab apa pun. Dengan mempelajari studi tersebut, inilah yang dikatakan para ahli dapat terjadi pada tubuh, menit demi menit setelah mengonsumsi minuman bersoda.

10 menit

The Renegade Pharmacist menyatakan setelah 10 menit meneguk minuman rendah kalori, indra pengecap Anda tumpul dan email pada gigi mendapat serangan. Asam menyerang gigi.

Para ahli mengatakan bahwa ini membantu mengikis email di permukaan gigi. Selain itu, pemanis buatan dalam minuman, seperti aspartam, memperdaya tubuh untuk berpikir bahwa ia baru saja mengonsumsi gula dan perlu memprosesnya.

Namun, seorang ahli telah mengecam klaim ini dan mengatakan asumsi bahwa minuman diet itu buruk lahir dari kemampuan bawaan industri nutrisi untuk mengabaikan sains dan penyebaran kekacauan pseudosains.

Sementara itu, Graeme Tomlinson yang terkenal sebagai chef kebugaran mengatakan bahwa minuman tanpa kalori tidak baik sekaligus tidak pula buruk. Mengapa begitu?

"Baik-burunya bergantung pada kontribusi moderatnya pada diet terkontrol padat nutrisi dan energi," kata Tomlinson, dilansir The Sun, Kamis (16/6/2022).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ۨالَّذِيْنَ اُخْرِجُوْا مِنْ دِيَارِهِمْ بِغَيْرِ حَقٍّ اِلَّآ اَنْ يَّقُوْلُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ۗوَلَوْلَا دَفْعُ اللّٰهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَّهُدِّمَتْ صَوَامِعُ وَبِيَعٌ وَّصَلَوٰتٌ وَّمَسٰجِدُ يُذْكَرُ فِيْهَا اسْمُ اللّٰهِ كَثِيْرًاۗ وَلَيَنْصُرَنَّ اللّٰهُ مَنْ يَّنْصُرُهٗۗ اِنَّ اللّٰهَ لَقَوِيٌّ عَزِيْزٌ
(yaitu) orang-orang yang diusir dari kampung halamannya tanpa alasan yang benar, hanya karena mereka berkata, “Tuhan kami ialah Allah.” Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentu telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadah orang Yahudi dan masjid-masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Allah pasti akan menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sungguh, Allah Mahakuat, Mahaperkasa.

(QS. Al-Hajj ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement