Kamis 16 Jun 2022 23:36 WIB

Pulau Mansinam di Papua Barat Menjadi Pusat Bimbingan Anak Jalanan

Mereka diharapkan memiliki kemampuan dasar melihat potensi yang dapat dikembangkan.

Red: Ilham Tirta
 Anak jalanan tertidur di teras pertokoan (ilustrasi).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Anak jalanan tertidur di teras pertokoan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw merencanakan membuka bimbingan konseling guna memberdayakan anak-anak jalanan di Kota Manokwari. Pulau Mansinam dipilih menjadi lokasi untuk kegiatan tersebut.

"Saya melihat di Manokwari masih banyak di jalan anak-anak muda yang putus sekolah, mereka bahkan tidak memiliki pekerjaan. Tugas saya sebagai kepala daerah untuk mengakomodir mereka," kata Waterpauw, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga

Melalui bimbingan dan konseling yang akan dilakukan nanti, Waterpauw berharap anak-anak jalanan memiliki kemampuan dasar untuk melihat potensi yang dapat dikembangkan. "Dalam waktu dekat kita akan membuat konseling di Pulau Mansinam, dengan beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan," ujarnya.

Pemprov Papua berencana menghadirkan konselor kejiwaan guna menumbuhkan kepercayaan diri anak-anak jalanan, bahwa mereka masih bisa berkarya. Setelah melalui proses itu, anak-anak jalanan juga akan terus dibimbing untuk mengikuti pelatihan kerja dan kewirausahaan untuk bekal kehidupan mereka selanjutnya.

"Mimpi saya di perayaan Tahun Baru 2024 nanti ada yang dapat mereka persembahkan untuk negara dari anak-anak jalanan yang ada di Manokwari," harap purnawirawan Komisaris Jenderal Polisi itu.

Keberadaan lembaga bimbingan konseling itu juga diharapkan dapat mencegah dan menanggulangi kejahatan jalanan di wilayah Manokwari, Ibu Kota Papua Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement