Rabu 22 Jun 2022 03:15 WIB

Infografis Bank Sentral Rama-Ramai Naikkan Suku Bunga Acuan

Bank sentral menaikkan suku bunga untuk mengantisipasi lonjakan inflasi.

Red: Friska Yolandha
Foto: Tim infografis Republika
Bank sentral ramai-ramai naikkan suku bunga

REPUBLIKA.CO.ID, Bank sentral sejumlah negara menaikkan suku bunga acuan mereka untuk mengantisipasi lonjakan inflasi dan stabilitas ekonomi. Hingga paruh pertama 2022, sudah 45 negara yang menaikkan suku bunga.

 

Baca Juga

Ini beberapa bank sentral yang naikkan suku bunga pada bulan ini.

 

Amerika Serikat

Federal Reserve menaikkan suku bunga 75 basis poin menjadi kisaran 1,5%-1,75%. Ini merupakan kenaikan ketiga tahun ini dan merupakan yang tertinggi sejak 1994.

 

Australia

Bank Sentral Australia menaikkan suku bunga 50 basis poin menjadi 0,85% pada awal Juni. Kenaikan suku bunga ini merupakan yang tertinggi dalam 20 tahun untuk menahan lonjakan inflasi.

 

Inggris

Bank of England telah menaikkan suku bunga untuk kelima kalinya berturut-turut untuk mengatasi tingkat inflasi yang menuju 11%. Suku bunga dasar naik 25 basis poin menjadi 1,25%.

 

Swiss

Bank Sentral Swiss menaikkan suku bunga untuk pertama kali dalam 15 tahun. Suku bunga naik 50 basis poin dari -0,75% menjadi -0,25%.

 

Uni Eropa

Bank Sentral Eropa berencana menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basispoin pada pertemuan moneter Juli. Ini merupakan kenaikan pertama dalam 11 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement