Jumat 01 Jul 2022 19:06 WIB

4 BUMN Mulai Perbaiki Jalur Kereta Legendaris di Sumbar

KAI, Bio Farma, SIG dan Pupuk Indonesia dukung pengoperasian jalur kereta Sawahlunto

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kementerian Perhubungan akan mempercepat reaktivasi sejumlah jalur rel kereta api di Sumatera Barat yang bertujuan untuk menopang pergerakan ekonomi dan mendukung pariwisata di provinsi tersebut. Hal ini dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melakukan kick off perbaikan prasarana dan sarana perkeretaapian dalam mendukung pengoperasian kembali kereta api jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban, Sumatera Barat (Sumbar) di Stasiun Sawahlunto, Jumat (1/7).
Foto:

Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia, Nugroho Christijanto mengatakan Pupuk Indonesia sangat mendukung upaya pengoperasian kembali kereta api lintas Sawahlunto-Muoro Kalaban. Pasalnya, pengoperasian kembali mendukung sektor pariwisata dan perekonomian setempat.

“Pupuk Indonesia sepenuhnya mendukung upaya pemerintah untuk mengaktifkan kembali jalur kereta wisata ini. Harapannya jalur bersejarah ini dapat menjadi sarana edukasi, wisata, dan yang paling penting dapat membangkitkan perekonomian masyarakat setempat pasca pandemi Covid-19," ucap Nugroho.

Direktur Operasi SIG, Yosviandri mengatakan, SIG mendukung program pengoperasian kembali Kereta Api Jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban yang telah dicanangkan oleh Kementerian BUMN dan Pemprov Sumatra Barat, melalui sinergi empat BUMN.

Yosviandri mengatakan hal ini merupakan bagian dari menghidupkan kembali sejarah dan wisata edukasi bagi generasi muda mengenai perkeretaapian dan pertambangan batu bara. Yosviandri mengatakan Semen Padang bagian dari sejarah yang menggunakan jalur kereta api Sawahlunto untuk mengangkut batu bara sebagai bahan bakar pabrik semen.

"Kami juga berharap pengoperasian kembali kereta api ini dapat memberikan dampak positif dan memicu pertumbuhan ekonomi dan pendapatan bagi masyarakat setempat," kata Yosviandri.

Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Ambun Kadri mengatakan sudah hampir tiga tahun Kota Sawahlunto menjadi kota warisan dunia. Dirinya mengapresiasi kick off yang dilaksanakan tersebut.

"Dengan demikian kami sudah lega, sudah nampak jalan bahwa ini sudah pasti dilaksanakan. Kemudian juga bagaimana komitmen bersama untuk kita laksanakan kereta api ini bisa jaya kembali di Kota Sawahlunto," kata Ambun.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan perbaikan prasarana akan dilakukan terhadap jalan rel, dua buah jembatan, terowongan, persinyalan, bangunan stasiun, dan dipo. Joni menilai penggantian rel, bantalan, penambahan balas perlu dilakukan agar perjalanan KA dapat melintas dengan aman.

"Untuk jembatan akan dilakukan pengecatan dan penyanggaan agar lebih kokoh dan laik untuk dilewati kereta api. Adapun untuk pekerjaan terowongan, KAI melakukan grouting atau penguatan dinding terowongan," ucap Joni.

 

Joni menyampaikan Lokomotif Uap E1060 atau Mak Itam akan diperbaiki sehingga tekanan uap lokomotif tersebut berada pada 8-11 atm dan mengoptimalkan fungsi pengereman untuk memenuhi standar keselamatan operasional lokomotif uap. Dengan tekanan uap yang cukup, lanjut Joni, Mak Itam dapat menarik dua hingga tiga kereta pada kelandaian 17 permil di lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement