Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

 

9 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pertama kali, Jabatan Wasekjen Dewan Menteri Arab Saudi Dipegang Wanita

Selasa 05 Jul 2022 08:41 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Bendera Arab Saudi. Arab Saudi rombak kabinet dan memasukkan pejabat dari unsur wanita

Bendera Arab Saudi. Arab Saudi rombak kabinet dan memasukkan pejabat dari unsur wanita

Foto: Reuters/VOA
Arab Saudi rombak kabinet dan memasukkan pejabat dari unsur wanita.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz merombak kabinet kerajaannya. Dia menunjuk beberapa nama, di antaranya ialah dua wanita yang telah dipilih untuk jabatan senior. 

 

Al-Shehana binti Saleh al-Azzaz telah ditunjuk sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Menteri Kerajaan. Al-Azzaz sekaligus menjadi wanita pertama yang memegang jabatan tersebut. 

Baca Juga

Dia sebelumnya adalah seorang pengacara berpangkat tinggi di Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi. Dilansir Al Arabiya, Senin (4/7/2022), dia dikenal sebagai salah satu pengacara wanita pertama yang berpraktik di Kerajaan. 

Wanita selanjutnya yang mengisi jabatan senior adalah Putri Haifa binti Mohammed, yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata. 

Putri Haifa sebelumnya adalah Asisten Menteri Pariwisata, dan sebelumnya bekerja dengan Perusahaan Investasi Qiddiya, Otoritas Umum Penerbangan Sipil, dan Dana Pengembangan Pariwisata. 

Dewan Menteri Arab Saudi adalah kabinet pemerintah yang bertanggung jawab untuk merancang undang-undang. 

Raja Salman, yang juga Perdana Menteri dan memiliki persetujuan akhir pada semua undang-undang, memimpin dewan. Dewan tersebut didirikan pada tahun 1953 oleh Raja Abdulaziz, pendiri negara Arab Saudi modern. Semua anggota diangkat dengan dekrit kerajaan. 

Arab Saudi menunjuk menteri wanita pertamanya pada 2009, ketika Nora binti Abdullah al-Fayez menjadi Wakil Menteri Pendidikan negara itu. 

Penunjukan lainnya termasuk Pangeran Abdulrahman bin Mohammed yang telah dipilih sebagai penasihat Pengadilan Kerajaan dengan pangkat Menteri. Dr Bandar al-Rasheed telah ditunjuk sebagai Sekretaris Putra Mahkota, dengan pangkat Menteri. 

Ayman al-Siyari telah ditunjuk sebagai Wakil Gubernur Bank Sentral Saudi (SAMA) untuk Investasi dan Penelitian, dengan pangkat Menteri. 

Mohammed al-Amil telah ditunjuk sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Menteri Urusan Dewan. Mansour bin Abdullah bin Ali bin Salamah ditunjuk sebagai Wakil Sekretaris Putra Mahkota. 

Abdulaziz bin Ismail bin Rashad Trabzoni telah dipilih sebagai penasihat Royal Court Dr Rumaih bin Mohammed al-Rumaih sekarang adalah Wakil Menteri Transportasi dan Layanan Logistik. Ehab bin Ghazi bin Fahmy al-Hashani telah ditunjuk sebagai Wakil Menteri Urusan Pedesaan dan Perumahan Kota. 

Abdulaziz bin Hamad bin Saleh al-Rumaih telah ditunjuk sebagai Wakil Menteri Kesehatan untuk Perencanaan dan Pembangunan. Ahmed bin Sufyan bin Abdulrazzaq al-Hassan sekarang menjadi Asisten Menteri Transportasi dan Layanan Logistik. 

Dr Khalid al-Thaher sekarang adalah Wakil Gubernur Bank Sentral Saudi (SAMA) untuk Kontrol dan Teknologi. Pangeran Abdulrahman al-Muqrin, Sekretaris Jenderal Dewan Menteri, juga telah diberhentikan dari jabatannya.           

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile