Jumat 15 Jul 2022 05:45 WIB

Sarinah Jadi Panggung Produk UMKM

Kementerian BUMN akan membangun Sarinah mini di berbagai bandara.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Presiden RI Joko Widodo (keempat kanan) menandatangani prasasti didampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (ketiga kanan), Menteri BUMN Erick Thohir (keempat kiri), Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (ketiga kiri), Ketua DPR RI Puan Maharani (kedua kanan), Wakil Gubernur DKI Jakarta  Ahmad Riza Patria (kedua kiri) dan Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati (kiri) saat peresmian wajah baru pusat perbelanjaan Sarinah di Sarinah, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Pusat perbelanjaan Sarinah merupakan salah satu mal tertua di Indonesia yang didirikan oleh Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno dengan tujuan mewadahi produk dalam megeri atau UMKM guna mendorong pertumbuham perekonomian Indonesia. Saat ini wajah baru sarinah telah resmi dibuka dengan mewadahi sebanyak 500 pelaku UMKM dengan jumlah pengunjung mencapai 5 juta orang sejak kembali beroperasi pada Maret 2022 lalu. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Presiden RI Joko Widodo (keempat kanan) menandatangani prasasti didampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (ketiga kanan), Menteri BUMN Erick Thohir (keempat kiri), Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (ketiga kiri), Ketua DPR RI Puan Maharani (kedua kanan), Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kedua kiri) dan Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati (kiri) saat peresmian wajah baru pusat perbelanjaan Sarinah di Sarinah, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Pusat perbelanjaan Sarinah merupakan salah satu mal tertua di Indonesia yang didirikan oleh Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno dengan tujuan mewadahi produk dalam megeri atau UMKM guna mendorong pertumbuham perekonomian Indonesia. Saat ini wajah baru sarinah telah resmi dibuka dengan mewadahi sebanyak 500 pelaku UMKM dengan jumlah pengunjung mencapai 5 juta orang sejak kembali beroperasi pada Maret 2022 lalu. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pemerintah menjadikan Mal Sarinah sebagai panggung produk usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM yang mengesankan produk lokal tidak kalah dengan produk dari luar negeri."Kami ingin menjadikan Sarinah sebagai panggung produk UMKM, produk kita (Indonesia)," ujarnya dalam acara peresmian transformasi Sarinah di Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Erick mengatakan transformasi mal Sarinah menghadirkan desain kekinian yang menyediakan ruang publik dan melibatkan komunitas, penyanyi, penari, kebudayaan, hingga UMKM. Menurutnya, tidak mungkin berbicara UMKM dan berbicara makanan unggulan, tetapi komunitas tidak hadir di dalamnya, sehingga kehadiran Mal Sarinah menjadi jembatan dalam menyatukan orang-orang kreatif dan produk-produk unggulan dalam sebuah ekosistem yang dapat dinikmati secara mudah oleh setiap orang yang berkunjung ke Mal Sarinah.

Baca Juga

"Ini kami coba jadikan kurasi, kami jaga, kami buka market-nya, dan ini bisa menjadi tren yang baik, sehingga jadi positif untuk produk dan tentu UMKM," kata Erick.

Setelah resmi beroperasi seusai renovasi pada 21 Maret 2022 lalu, Sarinah telah dikunjungi sebanyak 5 juta orang dengan rata-rata total pengunjung per hari mencapai 40.000 orang.Erick mengungkapkan bahwa Sarinah merupakan sejarah yang hampir terlupakan, padahal bangunan itu digagas langsung oleh Presiden Sukarno pada 17 Agustus 1962.

Mal Sarinah menjadi satu kesatuan sebagai poros dari Jalan Sudirman kala itu yang berdampingan dengan Hotel Indonesia yang diresmikan pada 5 Agustus 1962."Kalau kita percaya dengan bangsa kita, produk kita, masyarakat kita, kearifan lokal kita, pasti kita bisa menjadi sebuah kekuatan yang berbeda contohnya Sarinah hari ini," kata Erick.

Ia menyampaikan bahwa Kementerian BUMN akan membangun Sarinah mini di berbagai bandara untuk mendorong supaya lebih banyak UMKM bisa naik kelas."Kami mendorong membuat Sarinah-Sarinah kecil yang ada di airport-airport sebagai jendela produk Indonesia. Mudah-mudahan ini membuat dorongan baru jumlah UMKM dan jumlah tenaga kerja yang diciptakan lebih besar," papar Erick.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ قُلْ تَعَالَوْا اَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ اَلَّا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًاۚ وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَوْلَادَكُمْ مِّنْ اِمْلَاقٍۗ نَحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَاِيَّاهُمْ ۚوَلَا تَقْرَبُوا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَۚ وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِيْ حَرَّمَ اللّٰهُ اِلَّا بِالْحَقِّۗ ذٰلِكُمْ وَصّٰىكُمْ بِهٖ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Marilah aku bacakan apa yang diharamkan Tuhan kepadamu. Jangan mempersekutukan-Nya dengan apa pun, berbuat baik kepada ibu bapak, janganlah membunuh anak-anakmu karena miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka; janganlah kamu mendekati perbuatan yang keji, baik yang terlihat ataupun yang tersembunyi, janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang benar. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu mengerti.

(QS. Al-An'am ayat 151)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement