Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

14 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Antusiasme untuk Booster Tinggi, Puskesmas Dago Kehabisan Stok Vaksin

Jumat 22 Jul 2022 08:24 WIB

Red: Nur Aini

Masyarakat antusias melakukan vaksinasi di gerai vaksinasi booster di Cihampelas Walk (Ciwalk) Mall, Jumat (22/7/2022).

Masyarakat antusias melakukan vaksinasi di gerai vaksinasi booster di Cihampelas Walk (Ciwalk) Mall, Jumat (22/7/2022).

Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Lebih dari setengah jumlah pengunjung masuk daftar tunggu vaksinasi booster

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Antrean pengunjung yang akan melakukan vaksinasi dosis ketiga (booster) terlihat mengular di lantai satu extension Cihampelas Walk (Ciwalk) Mall. Sejak dibuka hari ini, Jumat (22/7/2022), pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB, ratusan pengunjung telah memadati area vaksinasi dan membuat lebih dari setengahnya terpaksa masuk daftar tunggu (waiting list). 

Penanggung Jawab Program Imunisasi Puskesmas Dago, Kota Bandung Dini mengatakan hari ini, Puskesmas Dago menyiapkan 22 vial vaksin Covid-19 jenis Pfizer, di mana setiap vial-nya dapat digunakan untuk 6 dosis. Meski begitu, kouta peserta vaksinasi hari ini dibatasi hingga 200 orang.

Baca Juga

“Kita hari ini bawa 22 vial, cuma kan ada yang dosis full ada yang setengah dosis. Tapi kalau antrean memang dibatasi 200 orang, tapi kemungkinan lebih karena tadi ada beberapa tambahan orang,” kata dia. 

Dosis yang disediakan hari ini, kata Dini, merupakan stok terakhir yang dimiliki Puskesmas Dago, merujuk pada semakin tingginya minat masyarakat untuk melengkapi dosis vaksinasi COVID-19. “Alhamdulillah pasokan vaksin kita habis terus. Untuk hari ini juga habis dan stok di puskesmas juga sudah ga ada. Nanti kita akan ajukan lagi ke dinas, pekan depan,” kata dia. 

Untuk melayani antrean yang cukup membeludak, Puskesmas Dago menerjunkan 14 petugas yang terdiri dari petugas medis dan non medis, dan dua tenaga tambahan. Meski mendapat antusias masyarakat yang tinggi, namun di antara 200 orang pendaftar, terdapat 6 orang yang terpaksa tidak diberikan izin untuk vaksinasi. 

“Ditunda 4 karena 3 darah tinggi, 1 sdg sakit. Yang dipulangkan 2 karen 1 moderna, 1 sinopharm,” jelas Dini. 

Salah satu peserta vaksinasi, Burhan (37 tahun), mengaku telah menunggu sejak pukul 08.00 WIB dan hampir kehabisan nomor antrean. Warga Kebon Pisang, Kota Bandung ini mengatakan memang sengaja datang ke Ciwalk Mall untuk melakukan vaksinasi booster. 

“Tau (Informasi gerai vaksinasi booster di Ciwalk Mall) dari instagram. Tadi datang jam 08.00 an buat ambil antrean, alhmadulillah masih kebagian walaupun nomor akhir, 181,” ujarnya saat ditemui Republika di Gerai Vaksinasi Booster Ciwalk Mall, Jumat (22/7/2022).  

“Engga tau kalau ada batasan kouta, jadi saya dateng aja. Alhamdulillah masih dapet,” ujarnya. 

Humas Ciwalk Mall Agung Priyo mengatakan, sejak pendaftaran dibuka, pukul 07.00 WIB, antrean sudah mengular di sekitar area gerai vaksinasi yang terletak di lantai satu extension itu. Menurutnya, membeludaknya animo masyarakat untuk vaksin booster membuat tak sedikit dari pengunjung yang terpaksa masuk daftar tunggu (waiting list).

“Hari ini dari Puskesmas Dago menyediakan 200 dosis. Tapi ternyata dari jam 06.30 WIB sudah banyak yang datangm dan kouta vaksin, 200 orang, sudah habis di sekitar jam 08.45 WIB. Jadi terpaksa kita hold dulu, dan masukkan ke waiting list,” jelas Agung saat ditemui Republika di Ciwalk Mall, Jumat (22/7/2022). 

“Untuk yang tidak kebagian kouta vaksinasi hari ini, sekitar 200 orang lebih, kita mintakan nama dan nomor telepon mereka untuk nantinya dihubungi saat ada pengadaan gerai vaksinasi lanjutan,” ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile