Rabu 27 Jul 2022 19:54 WIB

Google Maps Street View Hadir di India

Google sempat mencoba Street View di India, namun, dihentikan pada 2011.

Red: Dwi Murdaningsih
 Google Maps Street View Tracker
Foto: treehugger.com
Google Maps Street View Tracker

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Maps baru saja meluncurkan layanan Street View di India. Google bermitra dengan perusahaan lokal untuk pengumpulan data.

Pemerintah India semula tidak mengizinkan layanan ini di negara tersebut dengan alasan keamanan, Reuters mengutip pemberitaan media lokal. Laman Indian Expressmelaporkan Google Maps Street View bisa hadir lantaran negara tersebut meluncurkan kebijakan geospasial nasional pada 2021.

Baca Juga

Berdasarkan aturan tersebut, perusahaan lokal bisa mengumpulkan data dan memberikan lisensi kepada platform lain. Google bekerja sama dengan perusahaan lokal Tech Mahindra dan Genesis International untuk layanan Street View.

Mereka mengadakan Proyek Gullify untuk Street View di 10 kota. Hingga akhir tahun ini, mereka berencana menghadirkan 50 kota di India pada Google Maps Street View. Dalam dua tahun, mereka ingin memetakan 700.000 kilometer wilayah India pada aplikasi tersebut.

Google sempat mencoba Street View di India, namun, dihentikan pada 2011 karena mendapat protes dari kepolisian. Pemain lokal antara lain Wonobo dan MapMyIndia menawarkan layanan yang sama berupa pemetaan panorama 360 derajat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement