Jumat 29 Jul 2022 18:07 WIB

5 Pelajaran Abadi dari Hijrah Nabi Muhammad SAW

Kehidupan Nabi Muhammad berubah secara dramatis sejak ia menjadi utusan Allah.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Padang Pasir. 5 Pelajaran Abadi dari Hijrah Nabi Muhammad SAW
Foto:

4. Dengan kesulitan datang kemudahan

Nabi telah menderita begitu lama. Sudah hampir 13 tahun siksaan, dan baru sekarang dia akhirnya akan keluar dari rasa sakit yang diberikan orang Makkah kepadanya. Tapi sedikit yang dia tahu bahwa Allah telah merencanakan begitu banyak.

Semua rasa sakit itu adalah satu hal tetapi apa yang akan datang lebih baik. Dan dengan kesulitan yang dia hadapi, sekarang dia akan membuka lembaran baru.

Dia akan menjadi Raja Madinah, Nabi yang mengirim surat ke berbagai kepala negara untuk menerima Islam dan dengan semua ini akhirnya akan datang kemenangan Makkah. Dan janji Allah itu benar, bersama kesulitan ada kemudahan.

5. Persaudaraan

Hijrah mengajarkan kita tentang persaudaraan. Muslim berhijrah dari Makkah dengan sedikit atau tidak ada sama sekali harta. Mereka kemudian diterima di Madinah hampir seolah-olah mereka adalah penduduknya.

Penduduk Madinah berbagi rumah, makanan, dan apa pun yang mereka miliki untuk membantu saudara-saudara mereka dari Makkah menetap. Ini adalah salah satu ekspresi persaudaraan terbaik dalam sejarah umat manusia.

Dan itu adalah sesuatu yang dibawa Islam. Itu dibesarkan hanya dengan pemahaman bahwa mereka semua bersatu di bawah satu Nabi Muhammad. Ini adalah beberapa dari sekian banyak pelajaran yang telah diajarkan hijrah kepada kita. Saat ini, ketika dunia jatuh ke dalam kekacauan, dan kehidupan menjadi sulit lagi, perlu diingat hijrah yang terjadi 1.438 tahun yang lalu.

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement