Selasa 02 Aug 2022 13:41 WIB

Ada Tiga Hal yang Harus Dilakukan dalam Memaknai Tahun Baru Islam

Setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan dalam memaknai tahun baru ini.

Red: Agung Sasongko
Ketua PD Salimah Kabupaten Bogor, Nur Laela Turohmah
Foto: dok Salimah Kabupaten Bogor
Ketua PD Salimah Kabupaten Bogor, Nur Laela Turohmah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua PD Salimah Kabupaten Bogor, Nur Laela Turohmah mengatakan, tahun baru Islam selain dirayakan dengan kegembiraan juga perlu diisi dengan bermuhasabah, yakni mensyukuri bertambahnya usia, nikmat sehat, dan masih berkesempatan untuk hidup dengan baik.

“Karena itu momentum 1 Muharram juga sebagai kesempatan untuk senantiasa menuju kebaikan, serta semakin bermanfaat untuk keluarga, llingkungan bahkan untuk seluruh alam semesta dengan semangat tulus ikhlas demi mendapatkan rahmat Allah Ta’ala,” , memenuhi undangan tausyiah di Majelis Taklim Muslimaat Masjid As Salam, Perumahan Griya Yasa Lestari Bojonggede, Kabupaten Bogor, Senin (1/8/2022).

Ustazah Nur Laela menyampaikan setidaknya ada 3 hal yang harus dilakukan dalam memaknai tahun baru ini. Pertama, paparnya, hendaklah umat Islam menjadi hamba Allah yang selalu bersyukur atas segala nikmatNya, termasuk nikmat panjang umur, yang sampai hari ini masih kita rasakan.

"Allah telah memberikan kesempatan kepada kita untuk menambah bekal amal amal shalih hingga Allah takdirkan kota menjadi hamba-hambaNya yang beruntung,"kata dia.  

Kedua, lanjur dia, hendaklah setiap Muslim selalu mengintropeksi diri, muhasabah atas apa yang sudah lakukan, agar tahun ini bisa lebih baik dari tahun tahun sebelumnya.

"Ketiga, pentingnya kita beribrah dari suatu kejadian, termasuk mengambil pelajaran dari peristiwa hijrahnya rasul kita, Nabi Muhammad SAW," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement