Ahad 07 Aug 2022 06:42 WIB

Rover Perseverance Telah Kumpulkan Selusin Batu Mars

Rover Preserverance sedang berburu tanda-tanda kehidupan Mars kuno.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Rover Perseverance. Penjelajah Perseverance seukuran mobil mengebor dan menyegel sampel baru ke-12 pada Rabu (3/8/2022).
Foto: NASA Mars
Rover Perseverance. Penjelajah Perseverance seukuran mobil mengebor dan menyegel sampel baru ke-12 pada Rabu (3/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjelajah (rover) Perseverance seukuran mobil mengebor dan menyegel sampel baru ke-12 pada Rabu (3/8/2022). Anggota tim misi mengumumkan hal tersebut melalui Twitter pada Jumat (5/8/2022), operasi keempatnya dalam waktu kurang dari sebulan.

Dilansir dari Space, Ahad (7/8/2022), pada Februari 2021, Perseverance mendarat dengan helikopter kecil Ingenuity Badan Antariksa Amerika (NASA) di lantai Kawah Jezero selebar 28 mil (45 kilometer), yang menampung sebuah danau besar dan delta sungai miliaran tahun yang lalu. Penjelajah beroda enam sedang berburu tanda-tanda kehidupan Mars kuno dan mengantongi lusinan sampel untuk kembali ke Bumi di masa depan, di antara tugas-tugas lainnya.

Baca Juga

Delapan sampel batuan pertama yang dikumpulkan Perseverance, dari September 2021 hingga Maret tahun ini, berasal dari gunung berapi, menurut log sampel tim misi. Namun empat yang terakhir, yang dikumpulkan antara 7 Juli hingga Rabu (3/8/2022), semuanya berasal dari batuan sedimen.

Seperti yang ditunjukkan oleh perubahan itu, Perseverance sekarang menjelajahi sisa delta, memeriksa formasi batuan berlapis yang terbentuk dari waktu ke waktu saat lumpur jatuh dari sungai kuno Jezero. Endapan seperti itu lebih mungkin daripada yang vulkanik untuk menampung senyawa organik dan kemungkinan tanda-tanda kehidupan Mars lainnya, jika pernah ada, kata anggota tim Perseverance. Jadi, tidak mengherankan bahwa kecepatan pengambilan sampel kini meningkat.

Perseverance membawa total 43 tabung sampel, 38 di antaranya dapat diisi dengan batu dan tanah Mars. Lima lainnya adalah “tabung saksi”, yang akan membantu tim misi menentukan bahan mana, jika ada, dalam sampel yang dikumpulkan yang mungkin merupakan kontaminan dari Bumi.

Perseverance sekarang telah menyegel 15 dari 43 tabung itu. Dua belas berisi inti batuan, satu menampung udara Mars, dan dua lainnya adalah tabung saksi. (“Sampel atmosfer” disegel setelah perampasan batu pertama Perseverance yang gagal, upaya Agustus 2021 yang gagal ketika bahan yang dibor hancur berkeping-keping).

Tabung-tabung ini akan dibawa ke Bumi oleh kampanye bersama NASA-Badan Antariksa Eropa (ESA), mungkin pada awal 2033. Arsitektur kampanye itu berubah baru-baru ini; NASA dan ESA memutuskan untuk menghilangkan “pengambilan rover” yang disediakan ESA dan sebaliknya mengandalkan Perseverance dan, jika diperlukan, dua helikopter seperti Ingenuity untuk mengirimkan tabung sampel ke roket NASA yang akan meluncurkannya dari permukaan Mars.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement