Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

8 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Menengok Deretan Bangunan Tua Istanbul yang Berusia Berabad-abad

Selasa 16 Aug 2022 22:45 WIB

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Rumah Sakit Haydarpasa Numune adalah rumah sakit bersejarah yang terletak di distrik Skudar, Istanbul, Turki. Menengok Deretan Bangunan Tua Istanbul yang Berusia Berabad-abad

Rumah Sakit Haydarpasa Numune adalah rumah sakit bersejarah yang terletak di distrik Skudar, Istanbul, Turki. Menengok Deretan Bangunan Tua Istanbul yang Berusia Berabad-abad

Foto: vikipedi
Istanbul menjadi tuan rumah berbagai peradaban dan budaya selama berabad-abad.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Istanbul adalah kota metropolitan yang terletak di persimpangan benua Eropa dan Asia, dengan sejarah perkotaan 3.000 tahun dan sejarah ibu kota sejak 1.600 tahun.

Kota ini telah menjadi tuan rumah berbagai peradaban dan budaya selama berabad-abad, melestarikan struktur kosmopolitan dan metropolitannya di mana orang-orang dari berbagai agama, bahasa dan ras hidup bersama selama berabad-abad, dan menjadi mosaik unik dalam proses sejarah.

Baca Juga

Distrik Fatih dan Eminönü, yang terletak di semenanjung bersejarah Istanbul, telah identik dengan Istanbul sejak abad ke-15.

Pesatnya pertumbuhan kota pada abad ke-20 menyebabkan migrasi besar-besaran dari timur ke barat, dan populasi kota sekarang lebih dari 15 juta.

Rumah Sakit Haydarpaa Numune

Rumah Sakit Haydarpasa Numune adalah rumah sakit bersejarah yang terletak di distrik Skudar. Dibuka oleh Sultan Ottoman Abdülhamid II sebagai lembaga pendidikan inovatif di gedung tempat SMA Galatasaray berada pada 1839, dan pada 1894 dipindahkan ke lokasi saat ini.

Antara 1903 dan 1908, itu terus berfungsi sebagai Sekolah Kedokteran Militer, dan dari 1908 hingga 1933 sebagai Fakultas Kedokteran Istanbul. Pada 1936, dipindahkan ke Departemen Kesehatan dan mulai menerima pasien.

Masjid Arab

Terletak di lingkungan Galata di distrik Beyoğlu, Masjid Arab menonjol dengan kubah berbentuk persegi yang tinggi dengan kerucut runcing di antara balok beton. Menurut cerita, itu adalah tempat pertama di mana adzan terdengar di Istanbul.

Restoran Hac Abdullah

Izin operasi Restoran Hacı Abdullah, yang dibuka dengan nama "Abdullah Efendi" di Dermaga Karaköy pada 1888, diberikan oleh Sultan Ottoman Abdülhamid II sendiri.

Pada 1915, restoran tersebut dipindahkan ke Beyoğlu, dan pada 1940 diubah lagi dengan pergantian master-magang penjaga dan mengambil nama Hac Salih. Pada 1958, restoran pindah ke lokasi saat ini di dekat Masjid Aa, dan pada tahun 1983 namanya diubah untuk terakhir kalinya, menjadi Hac Abdullah.

Hacı Abdullah adalah contoh dari tradisi "Ahilik", sebuah serikat pengrajin dan pedagang Muslim, yang hampir dilupakan hari ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile