Selasa 16 Aug 2022 19:55 WIB

Raja Malaysia ke Turki untuk Kunjungan Kenegaraan Tujuh Hari

Raja Malaysia memenuhi undangan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Red: Esthi Maharani
 Dalam foto yang dirilis oleh Departemen Penerangan Malaysia, Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah
Foto: AP/Nazri Rapaai/Malaysia's Department of Info
Dalam foto yang dirilis oleh Departemen Penerangan Malaysia, Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Raja Malaysia Sultan Abdullah tiba di Turki pada Senin (15/8/2022) untuk melakukan kunjungan kenegaraan selama tujuh hari, menurut laporan kantor berita Bernama.

Kunjungan kenegaraan yang akan berlangsung hingga 21 Agustus tersebut atas undangan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Sebelumnya Raja Malaysia kunjungan itu dijadwalkan pada 2021 tetapi ditangguhkan karena pandemi Covid-19.

Sultan Abdullah dan rombongan tiba di Bandara Internasional Esenboga, Ankara, pada Senin pukul 17.30 waktu setempat (23.30 WIB). Mereka disambut oleh Wakil Presiden Turki Fuat Oktay, Duta Besar Malaysia untuk Turki Sazali Mustafa Kamal dan Duta Besar Turki untuk Malaysia Emir Salim Yuksel.

Turut serta dalam rombongan tersebut adalah Menteri Keuangan Malaysia Tengku Zafrul Abdul Aziz dan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Malaysia Amran Mohamed Zin.

Lawatan Sultan Abdullah ke Turki menjadi kunjungan kenegaraan pertamanya sejak 26 Agustus 2019 ketika dia berkunjung ke Indonesia selama empat hari.

Selama di Turki, dia dijadwalkan bertemu dengan Erdogan di Istana Kepresidenan dan akan menghadiri jamuan kenegaraan di tempat yang sama.

Sultan Abdullahakan mengunjungi perusahaan pertahanan FNSS Defense Systems dan Turkish Aerospace Industries, sertamenghadiri makan malam dengan diaspora Malaysia.

Dia juga akan mengunjungi makam Abu Ayyub al-Ansari, makam Sultan Abdul Hamid II, Masjid Agung Hagia Sophia dan Museum Istana Topkapi sebelum kembali ke Malaysia pada Ahad (21/8/2022).

Kunjungan itu disebutkan melambangkan kepentingan, keakraban dan keteguhan hubungan Malaysia-Turki, sekaligus untuk memperkuat persahabatan kedua negara yang sudah terjalin sejak 1964.

Kunjungan kenegaraan Raja Malaysia ke Turki sebelumnya dilakukan pada 1992 oleh mendiang Sultan Azlan Muhibbuddin Shah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement