Jumat 19 Aug 2022 14:08 WIB

Hadiah Grand Slam US Open Tahun Ini Capai Rekor Tertinggi Hingga Rp 890 Miliar

Hadiah bagi juara tunggal putra maupun putri US Open tahun ini juga akan meningkat.

Red: Endro Yuwanto
Suasana tribun penonton di Stadion Arthur Ashe, tempat penyelenggaraan tenis Grand Slam US Open 2022.
Foto: EPA-EFE/JASON SZENES
Suasana tribun penonton di Stadion Arthur Ashe, tempat penyelenggaraan tenis Grand Slam US Open 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Tenis Amerika Serikat (USTA) pada Kamis (18/8/2022) mengumumkan total hadiah Grand Slam US Open tahun ini akan bertambah menjadi 60,1 juta dolar AS atau sekitar Rp 890 miliar, mencapai rekor tertinggi sepanjang penyelenggaraan turnamen tenis bergengsi tersebut. Total hadiah uang tahun ini meningkat dari tahun lalu yang berada di angka 57,5 juta dolar AS atau Rp 853,8 miliar.

Dengan demikian, hadiah bagi juara tunggal putra maupun putri US Open tahun ini juga akan meningkat, dengan masing-masing mengantongi uang tunai hingga 2,6 juta dolar AS atau Rp 38,6 miliar, dua kali lebih besar dari yang didapat runner-up.

Baca Juga

Tidak hanya bagi para juara, kenaikan juga berlaku bagi para pemain yang tampil sejak putaran pertama turnamen Grand Slam akhir musim itu.

Itu berarti ada peningkatan 80.000 dolar AS atau Rp 1,1 miliar bagi setiap petenis tunggal yang bermain di babak pertama undian utama, dan kenaikan hingga 121.000 dolar AS atau Rp 1,79 miliar bagi para pemain yang tampil di babak kedua.

USTA dilansir AFP menyatakan keputusan tersebut diambil setelah berkonsultasi dengan WTA serta Dewan Pemain ATP. USTA juga menyediakan hadiah lebih dari 6,25 juta dolar AS yang akan diberikan kepada para peserta kualifikasi.

Sementara pasangan yang bersaing di nomor ganda putra dan putri akan menerima hadiah uang tunai masing-masing 688 ribu dolar AS atau dua kali lipat dari runner-up.

Babak utama US Open di New York, Amerika Serikat, itu akan dimulai pada 29 Agustus 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement