Sabtu 20 Aug 2022 11:08 WIB

Alasan Mitsubishi Kembangkan SUV dengan Basis MPV

Mitsubishi merupakan brand yang dikenal dengan produk yang sporty.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Gita Amanda
Mitsubishi merupakan brand yang dikenal dengan produk yang sporty. (ilustrasi)
Mitsubishi merupakan brand yang dikenal dengan produk yang sporty. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mitsubishi merupakan brand yang dikenal dengan produk yang sporty. Oleh karena itu, pabrikan Jepang tersebut sangat serius dalam menggarap pasar Sport Utility Vehicle (SUV) dengan mengembangkan produk yang menonjolkan performa serta stabilitas.

Tapi, hal berbeda diterapkan Mitsubishi dalam pengembangan Xpander Cross. Karena, produk tersebut dikembangkan dari basis mobil Xpander yang dihadirkan sebagai multi purpose vehicle (MPV). Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Hikaru Mii, mengatakan Mitsubishi global memang sangat terkenal dalam memproduksi SUV.

"Tapi, di Indonesia memiliki budaya untuk menggunakan mobil yang mampu mengakomodasi seluruh anggota keluarga. Artinya, masyarakat Indonesia membutuhkan mobil yang besar sehingga kami mengembangkan Xpander Cross lewat basis Xpander," kata Hikaru Mii dalam dalam MMKSI Media Interview beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, lanjut dia, Mitsubishi bisa menghadirkan produk bernuansa SUV tapi memiliki daya akomodasi yang memadai. Di saat bersamaan, hal tersebut membuat Mitsubishi bisa sekaligus menghadirkan produk MPV dan SUV berkualtias dalam harga yang kompetitif.

Seiring berjalanya waktu, kini produk tersebut pun telah mengalami penyegaran lewat New Xpander Cross. Director of Sales and Marketing Division MMKSI, Tetsuro Tsuchida mengatakan, salah satu fitur unggulan pada produk tersebut adalah fitur Active Yaw Control (AYC).

"New Xpander Cross semakin lengkap dengan disematkannya sistem pengereman AYC yang meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau dijalan yang licin," kata Tetsuro Tsuchida.

AYC sendiri bekerja dengan bantuan sejumlah sensor yakni wheel speed sensor, steering angle sensor, sensor putaran mesin dan sensor pada sistem pengereman. Dengan begitu, mobil akan tetap stabil dengan terus menjaga momentum serta kecepatan dalam tiap kondisi.

Kehadiran New Xpander Cross sendiri diyakini bisa makin memperkuat posisi penjualan keluarga Xpander yang telah terjual sebanyak 250 ribu unit ini semakin kuat. Apalagi, kini New Xpander Cross dan New Xpander hadir dengan suspensi yang semakin stabil berkat penerapan spesifikasi yang mirip dengan Pajero Sport.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement