Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

15 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Dinkes Tasikmalaya Minta Warga Waspadai Penularan Cacar Monyet

Rabu 24 Aug 2022 13:17 WIB

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad

Petugas kesehatan memperlihatkan sampel swab cacar monyet (Ilustrasi).

Petugas kesehatan memperlihatkan sampel swab cacar monyet (Ilustrasi).

Foto: Freepik/Stefamerpik
Banyak warga yang melakukan perjalanan dari Tasikmalaya ke Jakarta atau sebaliknya

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA--Seorang warga Jakarta telah terkonfirmasi terinfeksi cacar monyet (monkeypox) beberapa hari lalu. Namun, kasus itu dinilai belum menyebar ke berbagai daerah lainnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra, mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan adanya kasus cacar monyet di daerahnya. "Sampai saat ini belum ada, baik yang positif maupun suspek," katanya Rabu (24/8/2022).

Baca Juga

Kendati demikian, ia meminta warga Kota Tasikmalaya tetap waspada. Pasalnya, banyak warga yang sering melakukan perjalanan dari Tasikmalaya ke Jakarta atau sebaliknya. Waspada yang dimaksud Asep bukan berarti masyarakat mesti panik. Sebab, ia menilai, penularan cacar monyet tak semudah penularan Covid-19. "Kalau ini (penularan bisa terjadi apabila) kontaknya sangat erat, kontak bersinggungan nempel. Artinya, luka pasien itu menempel dengan kulit lain," kata dia.

Ia menjelaskan, cara untuk menghindari penularan cacar monyet dapat dilakukan dengan menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta menjaga pola hidup bersih dan sehat. Menurut dia, itu merupakan antisipasi secara general untuk menghindari penularan penyakit.

Ihwal gejala yang kemungkinan dirasakan apabila terinfeksi cacar monyet, Asep menjelaskan, tak berbeda jauh dengan cacar biasa, yaitu demam dan muncul bintik-bintik pada sejumlah bagian tubuh. "Namun untuk memastikannya harus dilakukan tes dulu," kata dia.

Karena itu, apabila masyarakat mengalami gejala demam, ia menyarankan untuk tetap tenang dan memisahkan diri dari anggota keluarga lainnya. Apabila sekitar tiga hari kemudian muncul bintik-bintik, segera berobat ke puskesmas.

 

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile