Kamis 25 Aug 2022 00:47 WIB

RD Jelaskan Penyebab Kekalahan RANS Nusantara dari Arema FC

RANS tidak bertahan dengan baik merespons serangan Arema FC.

Red: Israr Itah
Pesepak bola Arema FC Adam Alis (kiri) berusaha melewati hadangan dua pesepak bola Rans Nusantara FC dalam pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (24/8/2022). Arema menang atas Rans Nusantara dengan skor akhir 4-2.
Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Pesepak bola Arema FC Adam Alis (kiri) berusaha melewati hadangan dua pesepak bola Rans Nusantara FC dalam pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (24/8/2022). Arema menang atas Rans Nusantara dengan skor akhir 4-2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih RANS Nusantara FC Rahmad Darmawan menyatakan akan melakukan evaluasi terhadap permainan tim berjuluk The Prestige Phoenix. RANS menelan kekalahan pada laga tandang melawan Arema FC dengan skor 2-4 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Rabu (24/8/2022).

Dalam jumpa pers usai pertandingan, RD, sapaannya, mengatakan anak-anak asuhnya terlalu leluasa memberikan ruang yang mampu dimanfaatkan oleh Arema FC pada awal laga. Ini menyebabkan mereka tertinggal tiga gol.

Baca Juga

RD menjelaskan, pada awal babak pertama, jarak antara lini depan dan belakang tidak berjalan dengan efektif. Hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh punggawa Arema FC yang mampu mengkonversi sejumlah peluang menjadi gol.

Menurutnya, kesalahan pada awal babak pertama tersebut akhirnya mampu diperbaiki oleh anak asuhannya dan mulai menemukan rasa percaya diri dan meningkatkan kualitas permainan. Setelah permainan membaik, dua gol tercipta dan memperkecil selisih gol.

"Pada babak kedua, saya mencoba mengingatkan kepada pemain pentingnya posisi saat bertahan. Sayang, lagi-lagi kecolongan dari satu skema serangan yang sebetulnya tidak terlalu berbahaya, tapi menjadi satu kesulitan bagi pemain kami," katanya.

Ia menambahkan, skema yang ditampilkan oleh Arema FC pada pertandingan tersebut memang berbeda dibanding pada laga sebelumnya. Namun, lanjutnya, hal itu sesungguhnya tidak menjadi masalah karena ia telah menyiapkan strategi yang telah disampaikan kepada pemain.

"Yang menjadi masalah, anak-anak menggebu di awal pertandingan. Sehingga meninggalkan jarak yang cukup lebar antara lini depan dan belakang. Mereka memaksa menyerang, dan akhirnya lini belakang belum siap. Celah di lini tengah itu yang dimaksimalkan oleh Arema FC,' ujarnya.

Sementara itu, pemain RANS Nusantara FC David Laly menambahkan memang ia bersama rekan-rekannya sedikit terkejut pada awal pertandingan dan Arema FC lebih siap untuk melakukan serangan ke jantung pertahanan skuad The Prestige Phoenix.

"Ke depan, kami belajar melalui pertandingan ini agar lebih baik," ujarnya.

Pada pertandingan itu, RANS kalah dengan skor 2-4 dari Arema. Gol kemenangan Arema FC dicetak oleh Ilham Udin (8), Jayus Hariono (21), Sergio Silva (29) dan Abel Camara (77). Sementara gol balasan RANS dicetak oleh O.K. John (35) dan Wander Luiz (38).

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement