Jumat 26 Aug 2022 06:30 WIB

Kasus Pertama di Dunia: Pria Italia Tertular Cacar Monyet, Covid-19, dan HIV Sekaligus

Seorang pria Italia penyuka sesama jenis kena cacar monyet, Covid-19, dan HIV.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang dokter menunjukkan luka di tangan pasien yang disebabkan oleh cacar monyet di rumah sakit Arzobispo Loayza di Lima, Peru, Selasa, 16 Agustus 2022. Seorang pria Italia yang melakukan hubungan seksual sesama jenis di Spanyol menderita cacar monyet, Covid-19, dan HIV sekaligus.
Foto: AP Photo/Martin Mejia
Seorang dokter menunjukkan luka di tangan pasien yang disebabkan oleh cacar monyet di rumah sakit Arzobispo Loayza di Lima, Peru, Selasa, 16 Agustus 2022. Seorang pria Italia yang melakukan hubungan seksual sesama jenis di Spanyol menderita cacar monyet, Covid-19, dan HIV sekaligus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pria di Italia menjadi pasien pertama di dunia yang terkena cacar monyet, Covid-19, dan juga HIV dalam waktu yang bersamaan. Pria ini tertular ketiga infeksi tersebut setelah melakukan perjalanan ke Spanyol selama lima hari.

Menurut laporan tim peneliti dari University of Catania, pria berusia 36 tahun tersebut menghabiskan waktu di Spanyol pada 16-20 Juni 2022. Selama kurun waktu tersebut, pria itu mengakui bahwa dia melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan sesama pria.

Baca Juga

Tak lama setelah kembali dari Spanyol, pria ini mulai mengalami beberapa gejala. Gejala tersebut antara lain demam, sakit tenggorokan, lelah, sakit kepala, dan peradangan di selangkangan.

Berdasarkan laporan dalam Journal of Infection, pria tersebut terdiagnosis positif Covid-19 pada 2 Juli 2021 atau tiga hari setelah gejala muncul. Di hari yang sama, pria tersebut mulai mengalami gejala ruam pada lengan kirinya.

Kemunculan gejala ruam tersebut lalu diikuti dengan kemunculan lenting-lenting kecil yang terasa sakit di kulit. Lenting-lenting tersebut muncul di bagian badan, tungkai bawah, wajah, serta bokong. Beberapa hari setelahnya, lepuhan mulai muncul di badan pria tersebut.

Pada 5 Juli 2022, pria tersebut dibawa ke instalasi gawat darurat di San Marco University Hospital, di Catania, Italia. Selanjutnya, pria tersebut ditempatkan di Unit Penyakit Menular. Di unit itulah, sang pria baru diketahui positif terkena cacar monyet.

Dokter lalu melakukan skrining pemeriksaan beberapa infeksi menular seksual pada pria tersebut. Hasil skrining menunjukkan bahwa sang pria positif HIV-1.

"Melihat angka CD4 (tes darah untuk melihat kondisi sistem imun) pria ini, kita bisa berasumsi bahwa infeksi (HIV) tersebut relatif baru," ungkap tim peneliti, seperti dilansir The Sun, Kamis (25/8/2022).

Menurut tim peneliti, sang pria juga sempat menjalani tes HIV pada September 2021. Akan tetapi, tes kala itu menunjukkan hasil negatif.

Sepekan setelahnya, yaitu pada 11 Juli 2022, pria itu dinyatakan pulih dari cacar monyet dan Covid-19. Pria tersebut diperbolehkan pulang ke rumah. Saat itu, kondisi ruam dan lepuh di kulit pria itu sudah sembuh dan hanya meninggalkan bekas luka.

"Kasus ini menyoroti bagaimana gejala cacar monyet bisa tumpang tindih, dan (kasus ini) memperkuat bagaimana dalam kasus koinfeksi, pengumpulan data anamnesis dan kebiasaan seksual pasien sangat penting untuk menegakkan diagnosis yang benar," ungkap tim peneliti.

Tim peneliti mengatakan, tes swab orofaringeal sang pria masih menunjukkan hasil positif setelah 20 hari. Hal ini menunjukkan bahwa sang pasien masih bisa menularkan penyakit beberapa hari setelah mencapai remisi secara klinis.

"Mengingat ini merupakan satu-satunya kasus koinfeksi virus monkeypox, SARS-CoV-2, dan HIV yang terlaporkan, masih belum ada cukup bukti yang menunjang bahwa kombinasi infeksi ini dapat memperburuk kondisi pasien," ujar tim peneliti.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًاۗ وَعْدَ اللّٰهِ حَقًّاۗ اِنَّهٗ يَبْدَؤُا الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيْدُهٗ لِيَجْزِيَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ بِالْقِسْطِۗ وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيْمٍ وَّعَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢبِمَا كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ
Hanya kepada-Nya kamu semua akan kembali. Itu merupakan janji Allah yang benar dan pasti. Sesungguhnya Dialah yang memulai penciptaan makhluk kemudian mengulanginya (menghidupkannya kembali setelah berbangkit), agar Dia memberi balasan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan dengan adil. Sedangkan untuk orang-orang kafir (disediakan) minuman air yang mendidih dan siksaan yang pedih karena kekafiran mereka.

(QS. Yunus ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement