Senin 05 Sep 2022 11:07 WIB

FSBDSI Bekasi Dukung Penyesuaian Harga BBM Subsidi

FSBDSI berharap pemerintah memperbanyak BLT untuk masyarakat.

Red: Agus raharjo
Sekretaris DPC FSBDSI Kabupaten/Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar) Purwadi.
Foto: Istimewa
Sekretaris DPC FSBDSI Kabupaten/Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar) Purwadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Federasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (FSBDSI) mendukung Pemerintah menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite dan solar. Kedua BBM ini sebelumnya menjadi BBM yang disubsidi pemerintah. Sekretaris DPC FSBDSI Kabupaten/Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar) Purwadi menilai, penyesuaian harga BBM subsidi dapat mengurangi beban APBN

Ia menuturkan, penyesuaian harga juga akan berpengaruh positif terhadap stabilitas ekonomi negara. Disamping itu, menurutnya, anggaran subsidi yang dikurangi dapat dialihkan menjadi bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga

"Sehingga subsidi pemerintah tepat sasaran dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat rentan,” ujar Purwadi dalam keterangan, Senin (5/9/2022).

Purwadi menambahkan, pihaknya justru berharap pemerintah dapat memperbanyak subsidi bagi masyarakat tidak mampu dalam bentuk bantuan langsung tunai. Menurutnya, BLT dapat diperbanyak dengan memanfaatkan pengalihan dana subsidi yang bersumber dari penyesuaian harga BBM. Asumsinya, selama ini penggunaan BBM bersubsidi kerap tidak tepat sasaran.

“Tidak tepat sasaran, karena lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat mampu. Sementara banyak masyarakat tidak mampu yang membutuhkan justru tidak mendapat manfaat. Oleh karena itu, kami mendukung dengan adanya penyesuaian harga BBM subsidi ini,” ujarnya.

Purwadi menegaskan, dirinya mendukung sepenuhnya langkah pemerintah untuk memberikan stimulus perekonomian masyarakat tidak mampu. Selain itu, ia mengaku memahami kondisi Provinsi Jawa Barat yang masih membutuhkan bantuan subsidi dari pemerintah.

“Perlu dipahami, bahwa dengan adanya penyesuaian harga BBM subsidi, maka subsidi yang dianggarkan bisa untuk dialihkan menambah jumlah penerim bantuan langsung tunai bagi masyarakat kurang mampu. Sehingga penggunaan anggaran lebih tepat sasaran,” ujarnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ثُمَّ اَنْزَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْۢ بَعْدِ الْغَمِّ اَمَنَةً نُّعَاسًا يَّغْشٰى طَۤاىِٕفَةً مِّنْكُمْ ۙ وَطَۤاىِٕفَةٌ قَدْ اَهَمَّتْهُمْ اَنْفُسُهُمْ يَظُنُّوْنَ بِاللّٰهِ غَيْرَ الْحَقِّ ظَنَّ الْجَاهِلِيَّةِ ۗ يَقُوْلُوْنَ هَلْ لَّنَا مِنَ الْاَمْرِ مِنْ شَيْءٍ ۗ قُلْ اِنَّ الْاَمْرَ كُلَّهٗ لِلّٰهِ ۗ يُخْفُوْنَ فِيْٓ اَنْفُسِهِمْ مَّا لَا يُبْدُوْنَ لَكَ ۗ يَقُوْلُوْنَ لَوْ كَانَ لَنَا مِنَ الْاَمْرِ شَيْءٌ مَّا قُتِلْنَا هٰهُنَا ۗ قُلْ لَّوْ كُنْتُمْ فِيْ بُيُوْتِكُمْ لَبَرَزَ الَّذِيْنَ كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقَتْلُ اِلٰى مَضَاجِعِهِمْ ۚ وَلِيَبْتَلِيَ اللّٰهُ مَا فِيْ صُدُوْرِكُمْ وَلِيُمَحِّصَ مَا فِيْ قُلُوْبِكُمْ ۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ ۢبِذَاتِ الصُّدُوْرِ
Kemudian setelah kamu ditimpa kesedihan, Dia menurunkan rasa aman kepadamu (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari kamu, sedangkan segolongan lagi telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri; mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliah. Mereka berkata, “Adakah sesuatu yang dapat kita perbuat dalam urusan ini?” Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya segala urusan itu di tangan Allah.” Mereka menyembunyikan dalam hatinya apa yang tidak mereka terangkan kepadamu. Mereka berkata, “Sekiranya ada sesuatu yang dapat kita perbuat dalam urusan ini, niscaya kita tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini.” Katakanlah (Muhammad), “Meskipun kamu ada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditetapkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh.” Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Dan Allah Maha Mengetahui isi hati.

(QS. Ali 'Imran ayat 154)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement