Rabu 07 Sep 2022 01:51 WIB

Google Street View yang Imersif Bisa Jadi Gambaran Sekilas Metaverse

Sekarang metaverse adalah minat dunia teknologi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Google Panorama Street View. Ilustrasi. Google Street View yang Imersif Bisa Jadi Gambaran Sekilas Metaverse
Foto: Google
Google Panorama Street View. Ilustrasi. Google Street View yang Imersif Bisa Jadi Gambaran Sekilas Metaverse

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Lima belas tahun setelah diluncurkan, fitur Google Maps yang memungkinkan orang menjelajahi tempat-tempat yang jauh seolah-olah berdiri di sana memberikan gambar sekilas tentang metaverse yang digembar-gemborkan sebagai masa depan internet.

Belum ada pembicaraan tentang kehidupan online yang pindah ke dunia maya ketika renungan yang tidak masuk akal oleh salah satu pendiri Google Larry Page mendorong Street View, yang memungkinkan pengguna layanan navigasi gratis perusahaan melihat citra lokasi peta dari perspektif menjadi di sana.

Baca Juga

Sekarang metaverse adalah minat dunia teknologi, dengan perusahaan termasuk induk Facebook Meta berinvestasi dalam menciptakan ranah online di mana orang-orang yang diwakili oleh karakter seperti gim video bekerja, bermain, berbelanja, dan banyak lagi.

"Larry Page mengambil kamera video dan menempelkannya ke luar jendela mobilnya," kata manajer program teknis senior Google Steven Silverman, sambil menunjukkan garasi tempat perusahaan membuat kamera untuk mobil, sepeda, ransel, dan bahkan mobil salju yang dikirim untuk merekam, dilansir dari Malay Mail, Ahad (4/9/2022). 

“Dia sedang berbicara dengan beberapa rekannya saat itu, mengatakan, ‘Saya yakin kita bisa melakukan sesuatu dengan ini.’ Itulah awal dari Street View," katanya.

Street View memungkinkan orang mengeklik lokasi di Google Maps untuk melihat seperti apa kelihatannya jika mereka berada di tempat itu, dan bahkan melihat-lihat. "Sekarang, raksasa internet memperkenalkan tampilan imersif yang menggabungkan gambar Street View dengan kecerdasan buatan untuk menciptakan model dunia digital yang kaya,” ujar Wakil Presiden Google Maps Experiences Miriam Daniel dalam sebuah posting.

“Anda akan dapat merasakan seperti apa lingkungan, landmark, restoran, atau tempat populer itu dan bahkan merasa seperti berada di sana sebelum Anda menginjakkan kaki di dalamnya,” kata Daniel.

“Dengan pencarian cepat, Anda hampir dapat terbang melintasi Westminster untuk melihat lingkungan dan arsitektur menakjubkan dari tempat-tempat, seperti Big Ben, dari dekat.” Google akan mulai meluncurkan tampilan imersif akhir tahun ini, dimulai di Los Angeles, London, New York, San Francisco, dan Tokyo.

Dari peta ke metaverse

Citra Street View telah dikumpulkan di lebih dari 100 negara dan wilayah, mulai dari tempat-tempat seperti Gunung Fuji dan Taman Nasional Grand Canyon hingga Great Barrier Reef. “Jika Anda ingin melihat bagaimana rasanya menuruni lereng ski, Anda dapat melihat ke mana perginya mobil salju itu,” kata Silverman, mengangguk ke arah mobil salju merah marun di garasi di kota Mountain View, California, Silicon Valley.

“Sepeda roda tiga itu benar-benar lucu karena mengitari Stonehenge; dan kami meletakkannya di tongkang dan menyusuri Sungai Amazon,” katanya tentang kendaraan lain. Dia menunjuk ke sistem kamera ransel yang diambil untuk perjalanan zip-line di Amazon, untuk memberikan perspektif pandangan umum dari atas.

Bertahun-tahun yang dihabiskan untuk menangkap dunia nyata dalam citra 360 derajat menjadi pertanda baik bagi Google ketika datang ke masa depan di mana kehidupan internet bergeser ke dunia digital yang imersif, kata analis teknologi Creative Strategies Carolina Milanesi.

“Ini benar-benar memainkan metaverse. Ide kembar digital dunia tentu saja merupakan salah satu aspek yang akan dipecahkan oleh Google,” kata Milanesi.

Silverman beralasan bahwa, dalam arti tertentu, Street View telah memberi pengguna pengalaman virtual selama lebih dari satu dekade, dan citra secara alami cocok untuk menggambarkan dunia nyata dalam pengaturan virtual.

“Idealnya, metaverse itu, dunia yang kita tuju, kita akan berada di sana,” kata Silverman.

Sejumlah perusahaan teknologi telah bergegas untuk berinvestasi dalam membangun metaverse, istilah longgar yang mencakup ekosistem yang berkembang dari dunia online interaktif, game, dan tempat pertemuan 3D yang telah menarik jutaan pengguna.

Facebook mengganti nama perusahaan induknya menjadi Meta tahun lalu untuk menekankan visi realitas virtualnya, dan membuka platform realitas virtual Horizon World untuk publik Amerika Utara. Awal tahun ini, raksasa Jepang Sony dan perusahaan induk Lego Denmark mengumumkan investasi 2 miliar dolar Amerika Serikat (AS) di pembangkit tenaga gim AS Epic Games untuk upayanya bergabung dengan visi metaverse untuk masa depan internet.

Dalam bentuk gim video seperti Fortnite, pelopor metaverse sudah ada dengan cara yang minimalis, dengan orang-orang berkumpul tidak hanya untuk bermain, tetapi juga untuk berinteraksi dan berpartisipasi dalam acara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement