Rabu 07 Sep 2022 14:56 WIB

American Corner UMM Ajak Siswa Cakap Berbahasa Inggris

Siswa tak perlu malu meskipun bahasa Inggrisnya masih kurang.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
American Corner (AmCor) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengunjungi Ar-Rohmah putri, beberapa waktu lalu.
Foto: Humas UMM
American Corner (AmCor) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengunjungi Ar-Rohmah putri, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Belajar bahasa Inggris tidak cukup kalau hanya melalui materi pembelajaran di ruang kelas melainkan juga harus praktik langsung. Oleh karena itu, American Corner (AmCor) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) datang ke sekolah-sekolah dan memberikan motivasi.

Kali ini, tim Amcor datang mengunjungi Ar-Rohmah putri pada akhir Agustus lalu. Menariknya, tim AmCor UMM tidak hanya datang dengan mahasiswa Indonesia, tetapi juga ada mahasiswa asing yang berbagi ilmu. Hal ini terutama tentang bahasa Inggris.

Salah satu sukarelawan senior AmCor, Emeralda Narulita Halim, menekankan peserta untuk percaya diri dan tidak malu berbahasa Inggris. Tak apa sekalipun cara bicaranya masih kurang baik. Menurut dia, semua memang membutuhkan proses.

"Keberanian untuk berbicara bahasa Inggris bisa membuat teman-teman lebih baik lagi. Terus latih dan praktekkan bersama  teman-teman lain,” katanya.

AmCor turut menggandeng mahasiswa asing UMM asal Tanzania, Francis Raphael Sendalo. Ia memberikan waktu para peserta untuk berbicara dengannya sebagai proses belajar bahasa Inggris.

Francis juga berbagi tips mudah belajar bahasa asing serta pengalaman internasionalnya bersama para pejabat Tanzania dan negara-negara Afrika lain. Direktur AmCor UMMRia Arista Asih merasa senang timnya bisa berbagi ilmu di Ar-Rohmah Putri.

Menurut dia, aktivitas seperti ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan anak-anak muda. Apalagi bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang membantu mereka di tahap kehidupan selanjutnya.

Menurut dia, para siswa tak perlu malu meskipun bahasa Inggris dan aksesnya masih kurang. Dia yakin selama teman-teman terus berlatih, kemampuan bahasa Inggris akan menjadi lebih bagus.

"Kami juga menyediakan berbagai program yang bisa diikuti oleh mahasiswa maupun kalangan umum,” ujarnya.

Di sisi lain, pembina English Club Ar-Rohmah, Laili Isna Nur Cahyani, mengucapkan terima kasih kepada AmCor UMM atas kunjungannya. Pihaknya memang ingin meningkatkan dan mengembangkan kemampuan santri dalam berbahasa.

Selain itu juga kemampuan berbicara sebagai sarana dakwah, tidak hanya dalam bahasa Indonesia tapi juga Inggris. Sebelumnya, pihaknya cukup kesulitan untuk mendapat pemateri yang berkualitas.

Ia pun bersyukur AmCor UMM datang bersama dengan pemateri berkualitas. Bahkan, membawa mahasiswa asing untuk berbagi ilmu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَيْسَ عَلَى الْاَعْمٰى حَرَجٌ وَّلَا عَلَى الْاَعْرَجِ حَرَجٌ وَّلَا عَلَى الْمَرِيْضِ حَرَجٌ وَّلَا عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ اَنْ تَأْكُلُوْا مِنْۢ بُيُوْتِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اٰبَاۤىِٕكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اُمَّهٰتِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اِخْوَانِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اَخَوٰتِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اَعْمَامِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ عَمّٰتِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اَخْوَالِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ خٰلٰتِكُمْ اَوْ مَا مَلَكْتُمْ مَّفَاتِحَهٗٓ اَوْ صَدِيْقِكُمْۗ لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ اَنْ تَأْكُلُوْا جَمِيْعًا اَوْ اَشْتَاتًاۗ فَاِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوْتًا فَسَلِّمُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ مُبٰرَكَةً طَيِّبَةً ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ ࣖ
Tidak ada halangan bagi orang buta, tidak (pula) bagi orang pincang, tidak (pula) bagi orang sakit, dan tidak (pula) bagi dirimu, makan (bersama-sama mereka) di rumah kamu atau di rumah bapak-bapakmu, di rumah ibu-ibumu, di rumah saudara-saudaramu yang laki-laki, di rumah saudara-saudaramu yang perempuan, di rumah saudara-saudara bapakmu yang laki-laki, di rumah saudara-saudara bapakmu yang perempuan, di rumah saudara-saudara ibumu yang laki-laki, di rumah saudara-saudara ibumu yang perempuan, (di rumah) yang kamu miliki kuncinya atau (di rumah) kawan-kawanmu. Tidak ada halangan bagi kamu makan bersama-sama mereka atau sendiri-sendiri. Apabila kamu memasuki rumah-rumah hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat(-Nya) bagimu, agar kamu mengerti.

(QS. An-Nur ayat 61)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement