Jumat 09 Sep 2022 04:32 WIB

AS Roma Kalah Lagi, Kali Ini Ditekuk Ludogorets 1-2 di Ajang Liga Europa

Sebelumnya, Roma dibantai 0-4 oleh Udinese.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pelatih AS Roma Jose Mourinho.
Foto: Marco Alpozzi/LaPresse via AP
Pelatih AS Roma Jose Mourinho.

REPUBLIKA.CO.ID, RAZGRAD -- AS Roma memulai pertandingan pertama Liga Europa musim 2022/2023 dengan kekalahan. Mereka takluk 1-2 dari tuan rumah Ludogorets dalam laga penyisihan Grup C Liga Europa, di Stadion Ludogrets Arena, Razgrad, Bulgaria, Jumat (9/9/2022) dini hari WIB. Ini kekalahan kedua beruntun Roma dalam empat hari setelah sebelumnya ditekuk Udinese pada ajang Serie A.

Dua menit babak pertama berjalan, Roma sudah menekan pertahanan Ludogorets. Mereka mendapatkan tendangan sudut di menit pertama. Satu menit berselang, Bryan Cristante mempunyai peluang lewat sundulan tetapi meleset ke sebelah kiri gawang Ludogorets.

Baca Juga

Tuan rumah masih mencari-cari bentuk permainannya hingga menit ke-20. Sehingga serangan mereka tak ada yang membahayakan gawang Roma. Perlahan mereka mampu mengimbangi permainan Roma. Akibatnya pasukan Jose Mourinho kesulitan mengancam pertahanan tuan rumah.

Pada menit ke-30, Ludogorets mendapatkan peluang lewat tendangan bebas tetapi tak membuahkan gol.  Cicinho merupakan pemain menonjol di kubu tuan rumah. Ia beberapa kali merepotkan pertahanan lawan. Adapun di sisi Roma, Paulo Dybala pergerakannya seringkali membahayakan pertahanan Ludogorets.

Pada menit ke-35, Roma nyaris unggul ketika Lorenzo Pellegrini mendapatkan peluang melakukan tembakan. Namun tembakannya berhasil diblok. Pertahanan Ludogorets terus ditekan. Melalui umpan silang Lorenzo Pellegrini, sundulan Gianluca Mancini diselematkan tiang gawang sebelah kanan.

Pada menit ke-38, giliran tembakan Dybala yang diblok. Jelang babak pertama berakhir, Ludogorets mempunyai peluang bagus ketika tembakan Cauly diblok oleh pemain Roma. Hingga babak pertama usai tak ada gol tercipta.

Pada babak kedua, tuan rumah meningkatkan tekanan kepada Roma. Pada menit ke-49, Ludogorets memiliki peluang emas tembakan kaki kiri Bernard Tekpetey namun sedikit melebar. Kendati demikian Roma juga terus mencari celah untuk menjebol gawang Ludogorets.

Manconi, Pellegrini dan Dybala bergantian mengancam pertahanan Ludogorets. Adapun di kubu tuan rumah, Cicinho tetap menjadi pemain menonjol yang sering memberikan ancaman  kepada Roma. Intensitas serang yang meningkat dari kubu Ludogorets membuat pertandingan berlangsung sengit.

Jual beli serangan diperagakan oleh kedua tim. Pada menit ke-72, gawang Roma jebol oleh tembakan kaki kiri Cauly yang mengarahkan bola ke sudut kanan bawah gawang. Tertinggal 1-0, Jose Mourinho melakukan beberapa pergantian.

Namun mereka baru bisa menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-86 melalui sundulan Eldor Shomurodov menyambut assist Pellegrini. Namun Roma terpaksa harus pulang tanpa poin setelah Nonato mencetal gol kemenangan 2-1 pada menit ke-88 dengan tembakan kaki kanannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement