Sabtu 10 Sep 2022 17:48 WIB

Jalan Sehat Muktamar Ke-48 Muhammadiyah, Ahad Besok Terapkan Prinsip Zero Sampah

Jalan Sehat dipusatkan di Kota Semarang dan digelar serentak di 34 kabupaten/kota

Rep: Bowo S Pribadi/ Red: Agung Sasongko
Muhammadiyah
Foto:

Guna memastikan tidak adanya sampah yang tercecer dan dibuang oleh para peserta jalan sehat, lanjutnya, panitia akan menyiagakan serta mengerahkan tim khusus, yakni ‘sapu bersih’ (saber) sampah di sepanjang rute jalan sehat dan pusat kegiatan.

Untuk itu panitia akan menerjunkan potensi dari organisasi otonom, seperti Hizbul Wathan, IMM, IPM bahkan hingga Tapak Suci dalam memastikan kegiatan jalan sehat ini tidak meninggalkan sampah yang tercecer.

Selain itu, lanjut dosen UIN Walisongo Semarang ini, panitia juga berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang dalam penanganan sampah yang dihasilkan dari Kegiatan jalan sehat ini.

“Semua komponen pendukung gerakan zero sampah ini telah terkondisikan dan diharapkan dalam pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah dipersiapkan  panitia penyelenggara,” tegasnya.

Ihwal ‘green muktamar’ juga diamini oleh Ketua PWM Jawa Tengah, Dr KH Tafsir MAg. Menurutnya, di luar peserta, jumlah penggembira yang akan hadir pada muktamar di Solo diperkirakan lebih dari satu juta orang.

Sehingga membutuhkan pengelolaan sampah yang lebih komprehensif dan harus dipersiapkan dengan baik sejak awal. Semagatnya, Muhammadiyah mendorong dan menginginkan perubahan pola pikir masyarakat tentang sampah yang selama ini dinilai kurang tepat.

Sampah mestinya bukan dibuang, melainkan harus diletakkan di tempat yang tepat untuk kemudian dipilih dan dipilah untuk diolah kembali. “Bagaimanapun juga, sampah tetap memiliki manfaat jika kelola dengan benar,” katanya, didampingi Ketua Paniti Jalan Sehat, Karnadi Hasan.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam rangka menyemarakkan Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo, PWM Jawa Tengah juga menggelar rangkaian Kegiatan pendukung. Salah satunya jalan sehat yang dilaksanakan serentak di 35 kabupaten/ kota di Jawa Tengah.

 

Kegiatan jalan sehat ini menyediakan hadiah utama berupa total 38 paket umrah gratis. Selain itu panitia juga menyiapkan 48 sepeda motor dan hadiah menarik lainnya. Rencananya –secara seremoni-- jalan sehat ini bakal dipusatkan di Kota Semarang dan akan dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement