Kamis 15 Sep 2022 17:03 WIB

Oknum Pelajar, Mahasiswa, Hingga ASN Diduga Terlibat Peredaran Narkoba di Mataram

Polisi menangkap sembilan orang dari tiga lokasi berbeda.

Red: Qommarria Rostanti
Polisi menangkap oknum pelajar, mahasiswa, dan ASN yang diduga terlibat peredaran narkoba di Mataram. (ilustrasi)
Foto: Foto : MgRol_94
Polisi menangkap oknum pelajar, mahasiswa, dan ASN yang diduga terlibat peredaran narkoba di Mataram. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Aparat Kepolisian Resor Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menangkap sembilan orang terdiri atas pelajar, mahasiswa, dan aparatur sipil negara (ASN), yang diduga terlibat dalam jaringan peredaran narkoba.

"Mereka kami tangkap tadi malam dari tiga lokasi berbeda," kata Kepala Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polresta Mataram Komisaris Polisi I Made Yogi Purusa Utama di Mataram, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga

Lokasi pertama, berada di salah satu kamar hotel di wilayah Pejarakan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. "Dari lokasi pertama, tiga pelaku kami tangkap," ujarnya.

Dia mengatakan, tiga pelaku tersebut yakni seorang mahasiswa berinisial FS (25) bersama rekannya berinisial RSA (20), dan seorang pelajar yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP), berinisial MY (14). "Mereka kami tangkap saat akan melakukan transaksi sabu-sabu," kata dia.

Ketiga pelaku ditangkap dengan barang bukti delapan poket sabu-sabu dalam kotak handphone. Berat narkoba dalam bentuk serbuk kristal putih itu sedikitnya 3,8 gram. "Dari interogasi, terungkap asal barang di wilayah Monjok," katanya.

Pengembangan berlanjut ke wilayah tersebut. Aksi penggerebekan menyasar ke salah satu indekos yang diduga kerap menjadi tempat transaksi narkoba. "Dari lokasi kedua, kami tangkap tiga orang," ujarnya.

Pertama, seorang ibu rumah tangga berinisial NH (35), pria berinisial WM (30), dan oknum ASN yang bekerja sebagai staf di DPRD NTB berinisial WM (40). "Terungkap tiga orang pada lokasi kedua ini punya pertalian jaringan dengan pelajar dan mahasiswa TKP penangkapan pertama," kata Yogi.

Saat penggeledahan, polisi tidak menemukan barang bukti narkoba. Melainkan, sisa klip plastik paket sabu-sabu dan alat isap. "Kita temukan bong sabu-sabu dan pipa kaca," ujarnya.

Berlanjut dari hasil interogasi lokasi penangkapan kedua, polisi mendapat informasi bahwa sabu-sabu berasal dari wilayah Karang Bagu, Kota Mataram. "Lokasi terakhir, kami tangkap tiga orang," kata dia.

Tiga pelaku pada lokasi terakhir ini berinisial R (43), S (57), dan AS (24). Ketiganya ditangkap di rumah R di wilayah Karang Bagu. Dari hasil interogasi, terungkap R merupakan seorang ibu rumah tangga (IRT) yang sudah lama masuk dalam daftar buronan kepolisian. "Dia (R) ini pemain lama. DPO kami. Sekarang baru bisa tertangkap," ujarnya.

Lebih lanjut, Yogi mengatakan pihaknya kini masih melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap sembilan pelaku. "Kami masih dalami keterangan para pelaku untuk menentukan peran masing-masing," kata dia. Pemeriksaan ini mengarah pada sangkaan pidana pada Pasal 112, Pasal 114, dan Pasal 127 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35/2009 tentang Narkotika.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اجْعَلْ هٰذَا بَلَدًا اٰمِنًا وَّارْزُقْ اَهْلَهٗ مِنَ الثَّمَرٰتِ مَنْ اٰمَنَ مِنْهُمْ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ قَالَ وَمَنْ كَفَرَ فَاُمَتِّعُهٗ قَلِيْلًا ثُمَّ اَضْطَرُّهٗٓ اِلٰى عَذَابِ النَّارِ ۗ وَبِئْسَ الْمَصِيْرُ
Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Mekah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian,” Dia (Allah) berfirman, “Dan kepada orang yang kafir akan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.”

(QS. Al-Baqarah ayat 126)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement