Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Alasan Kucing Suka Menggigit Jari Kaki Majikannya

Selasa 27 Sep 2022 23:45 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Alasan kucing suka menggigit jari kaki majikannya. (ilustrasi)

Alasan kucing suka menggigit jari kaki majikannya. (ilustrasi)

Foto: www.freepik.com
Ternyata ada beberapa alasan spesifik mengapa kucing "menyerang" kaki majikannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sedikit gigitan dari kucing biasanya tidak berbahaya. Beberapa dokter hewan mengatakan, kucing sedang mengajak bermain atau menunjukkan kasih sayang.

Berbicara tentang mengigit kaki saat di tempat tidur, beberapa kucing cenderung menggigit dengan keras dan tanpa henti. Dokter hewan dan ahli hewan peliharaan mengungkapkan, ternyata ada beberapa alasan spesifik mengapa kucing "menyerang" kaki majikannya.

Baca Juga

Dokter juga memberikan beberapa cara untuk mengurangi masalah itu sehingga bisa tidur nyenyak. Jika jari-jari kaki menjadi korban perilaku aneh kucing itu, inilah beberapa penyebabnya:

1. Mungkin, kucing sedang tumbuh gigi

Anak kucing muda yang menggigit jari kaki dan sedang bertumbuh, mereka akan sering melakukannya. “Kucing biasanya mulai tumbuh gigi sekitar usia enam bulan, tetapi ini dapat bervariasi tergantung pada jenis dan usia kucing,” kata dokter hewan dan penulis di Pango Pets, Melissa M Brock.

Anak kucing cenderung lebih agresif dalam menggigit karena gigi mereka sedang tumbuh. Mereka tidak tahu cara lain untuk mengomunikasikan apa yang mereka butuhkan. Setelah anak kucing lebih nyaman dengan bentuk komunikasi lain seperti mengeong atau mendengkur, gigitannya akan berhenti.

2. Kucing mengira kaki adalah mainan

Pertama, kaki saat di tempat tidur mungkin adalah tempat paling umum yang disukai kucing untuk tidur. “Jari kaki bergoyang-goyang dan menonjol, membuat mereka merasa lucu karena naluri kucing mereka. Semakin kaki dijauhkan dari kucing, semakin senang mereka mengejarnya,” ujar pendiri dan CEO PetDT Naluri, Jacquelyn Kennedy.

3. Mungkin kucing sedang berburu

Ada juga kemungkinan naluri hewani kucing mulai bekerja saat mereka ada di sekitar kaki. Jari-jari kaki yang bergerak di bawah selimut dapat dengan mudah disalahartikan sebagai tikus. Jari-jari yang menggeliat bisa tampak seperti hewan mangsa kecil bagi kucing. Dalam banyak situasi di mana kucing secara diam-diam menyergap pemiliknya, pemiliknya secara tidak sengaja bersikap dengan cara yang mirip dengan mangsanya.

4. Mungkin kucing hanya ingin perhatian

Kucing lebih pintar dari yang orang-orang sadari. Mereka mungkin tahu bahwa menggigit jari kaki akan membangunkan majikannya. Bisa jadi mereka ingin bermain atau lapar, di mana salah satu periode aktif kucing adalah saat fajar sehingga gigitan jari kaki pada pagi hari tidak akan terduga.

5. Mencintai majikannya

Percaya atau tidak, kebiasaan yang dianggap menyebalkan bisa jadi merupakan bentuk cinta. Menggigit adalah bagian integral dari kehidupan kucing, bahkan sejak usia dini. Saat induk kucing memandikan bayinya, sering kali melibatkan gigitan ringan. Kucing belajar mengasosiasikan perilaku ini dengan menunjukkan kasih sayang.

Bagaimana cara mengatasinya?

Salah satu cara untuk membuat kucing berhenti menggigit jari-jari kaki di tempat tidur adalah dengan mencoba membuat kucing lelah. “Cobalah bermain dengan kucing sebelum tidur untuk menghilangkan sebagian dari kelebihan energi itu,” kata pakar kesehatan hewan di Rover, Gary Richter.

Tapi jangan pernah bermain bersama kucing dengan tangan atau kaki, itu hanya akan memperkuat perilaku kucing. Gunakanlah mainan tongkat interaktif dan mainan solo yang sesuai (misalnya, tikus berbulu halus atau bola pingpong) sehingga kucing belajar menggigit dan bermain dengan mainan, bukan jari kaki.

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile