Kamis 29 Sep 2022 13:24 WIB

Pentingnya Analisis Pasar Bagi UMKM untuk Kembangkan Usaha

Kemampuan analisis pasar dinilai penting agar pelaku UMKM dapat beradaptasi.

Red: Friska Yolandha
Warga membuka platform MallUMKM melalui telepon genggam untuk berbelanja pada Tokopedia di Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (25/9/2020). Sebagian besar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kini memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produknya. Penjualan melalui e-commerce dinilai lebih praktis karena memiliki banyak keuntungan.
Foto:

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) saat ini fokus memberi pembekalan tahap selanjutnya kepada para pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk lebih aktif berjualan dengan mengoptimalkan platform digital. Saat ini, jumlah UMKM yang masuk platform digital masih perlu diperbanyak.

"Yang kami dorong adalah harus ada transaksi dan interaksi dengan pelanggan. Itu yang disebut active selling," kata Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo I Nyoman Adhiarna, dalam webinar 'Menilik Peluang Transformasi Digital Sektor UMKM untuk Akselerasi Perekenomian Nasional', Selasa (27/9/2022).

Kementerian itu terlibat gerakan UMKM Go Online sejak 2017. Hingga 2019, target program tersebut adalah UMKM masuk platform digital atau on boarding.

Fokus Kementerian Kominfo berubah sejak pandemi dua tahun belakangan, UMKM diharapkan tidak sekadar masuk platform digital, tapi, juga berjualan secara aktif. Fokus Kementerian untuk UMKM juga bertambah mulai tahun ini sampai 2024, yaitu agar pelaku UMKM lebih familiar dengan teknologi digital 4.0.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement