Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

12 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Biak Ekspor 2,6 Ton Ikan Tuna Segar ke Jepang

Kamis 29 Sep 2022 10:53 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Kabupaten Biak Numfor kaya akan hasil ikan tuna sirip kuning atau yellow fins. Ilustrasi.

Kabupaten Biak Numfor kaya akan hasil ikan tuna sirip kuning atau yellow fins. Ilustrasi.

Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Kabupaten Biak Numfor kaya akan hasil ikan tuna sirip kuning atau yellow fins

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK - Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui PT Indo Numfor Pasifik mengekspor ikan tuna segar sebanyak 2,6 ton ke Jepang pada Kamis (29/9/2022). Data Dinas Perikanan Biak menyebutkan enam kali ekspor ikan dari Bandara Internasional Frans Kaisepo Biak ke negara tujuan Jepang hingga akhir September 2022 secara keseluruhan telah mencapai 22,4 ton.

Kepala Dinas Perikanan Biak Effendi Igirisa mengatakan ekspor ikan tuna segar dilakukan setiap Kamis dengan menggunakan jasa angkutan udara penerbangan Garuda Indonesia. "Dukungan ekspor ikan tuna segar jenis yellow fins karena adanya kolaborasi PT Angkasa Pura I Cabang Biak, PT Angkasa Pura Logistik Biak, Bea Cukai, Karantina Ikan dan maskapai Garuda Indonesia," ujarnya, Kamis.

Baca Juga

Ia mengakui dukungan berbagai pemangku kepentingan sangat membantu kegiatan ekspor ikan tuna dari Biak ke Jepang tersebut. Effendi mengatakan ekspor ikan tuna segar dari Biak ke Jepang melalui interkoneksi penerbangan langsung dari Bandara Internasional Frans Kaiseipo Biak- Jakarta dan Jepang itu dilakukan dengan pesawat Garuda dan Japan Airways.

"Terima kasih atas semua dukungan mitra kerja pemerintah sehingga pelaksanaan ekspor ikan tuna segar bisa berjalan dengan lancar," ujarnya.

Kabupaten Biak Numfor merupakan daerah yang berada di Kepulauan Pasifik. Wilayahnya sangat potensial dengan sumber daya alam laut berupa kekayaan ikan terutama tuna sirip kuning atau yellow fins. Sektor pariwisata dan perikanan menjadi program prioritas Kabupaten Biak Numfor sebagai penyumbang devisa negara dan retribusi daerah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile