Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Microsoft Akui Masalah di Windows 11 Pengaruhi Sejumlah Printer

Jumat 30 Sep 2022 23:05 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah

Microsoft mengonfirmasi masalah Windows 11 baru yang memengaruhi beberapa printer pada sistem operasi. Microsoft Akui Masalah di Windows 11 Pengaruhi Sejumlah Printer

Microsoft mengonfirmasi masalah Windows 11 baru yang memengaruhi beberapa printer pada sistem operasi. Microsoft Akui Masalah di Windows 11 Pengaruhi Sejumlah Printer

Foto: Ghacks
Microsoft mencatat masalah memengaruhi printer memakai Microsoft IPP Class Driver.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft mengonfirmasi masalah Windows 11 baru yang memengaruhi beberapa printer pada sistem operasi. Masalahnya serius, dan Microsoft telah menerapkan penangguhan pengamanan pada pembaruan ke Windows 11 versi 22H2 untuk perangkat yang berpotensi terpengaruh oleh masalah tersebut.

Microsoft mencatat masalah tersebut memengaruhi perangkat dengan printer yang menggunakan Microsoft IPP Class Driver atau Universal Print Class Driver untuk komunikasi dengan printer. Blok tersebut mencegah penginstalan Windows 11 2022 Update pada perangkat yang terpengaruh.

Baca Juga

Dilansir dari Ghacks, Jumat (30/9/2022), masalah konektivitas mencegah Windows mengidentifikasi semua fitur printer. Printer yang terpengaruh dijalankan dengan pengaturan default hanya dalam kasus ini, yang berarti bahwa fitur-fitur khusus printer, seperti warna, pencetakan dua sisi/dupleks, pengaturan-pengaturan ukuran atau jenis kertas, atau resolusi yang lebih tinggi dari 300x300dpi tidak dapat digunakan, bahkan jika didukung.

Printer-printer yang terpengaruh oleh masalah dalam versi rilis Windows 11 akan menghadapi masalah yang sama setelah memutakhirkan ke Windows 11 2022 Update. Microsoft menyarankan agar pembaruan fitur baru tidak diinstal secara manual pada sistem yang terpengaruh.

Microsoft menyarankan solusi berikut untuk segera mengatasi masalah tersebut. Perusahaan sedang mengerjakan resolusi penuh dari masalah ini.

1. Administrator harus menghapus printer apa pun yang menggunakan Microsoft IPP Class Driver atau Universal Print Class Driver.

2. Setelah printer dihapus, administrator harus menginstal Windows 11 2022 Update pada perangkat. Windows Update mungkin memerlukan waktu hingga 48 jam untuk mengembalikan pembaruan, tetapi penginstalan manual menggunakan Windows 11 Installation Assistant  atau  Windows 11 2022 Update ISO.

3. Printer yang dihapus kemudian dapat diinstal kembali setelah pembaruan diinstal.

Menghapus dan menginstal ulang printer yang terpengaruh harus menyelesaikan masalah pada versi rilis sistem operasi Windows 11 juga.

Tidak jelas pada titik ini apakah masalah tersebut terkait dengan masalah pencetakan jaringan yang disebutkan Neowin di sini. Menurut laporan Neowin, printer jaringan semuanya dihapus setelah peningkatan Windows 11 2022 Update. Satu pengguna yang terpengaruh menemukan bahwa masalah ini disebabkan oleh kebijakan printer baru di Windows 11 versi 22H2.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile