Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Lima Objek Wisata Menarik di Jawa Barat yang Berbalut Cerita Legenda

Ahad 02 Oct 2022 07:59 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Pemandangan kawah Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Legenda Sangkuriang melekat erat dengan Gunung Tangkuban Parahu.

Pemandangan kawah Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Legenda Sangkuriang melekat erat dengan Gunung Tangkuban Parahu.

Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Objek wisata terkait cerita lengenda menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) mengatakan wilayahnya memiliki lima objek wisata yang berbalut cerita legenda. Objek wisata tersebut dinilai sangat laik dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

"Adanya cerita-cerita legenda tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar, dalam keterangan tertulisnya, Ahad (2/10/2022).

Baca Juga

Beberapa di antara kisah legenda melekat erat di sejumlah tempat yang sampai saat ini menjadi destinasi wisata bagi masyarakat. Berikut kelima objek wisata tersebut:

Gunung Tangkuban Parahu

Kisah Sangkuriang melekat erat dengan Gunung Tangkuban Parahu. Menurut legenda, gunung ini tercipta akibat kemarahan Sangkuriang yang gagal menikahi ibu kandungnya, Dayang Sumbi.

photo
Area Kawah Ratu Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu, Subang, Jawa Barat. - (ANTARA/Novrian Arbi)

Terlepas dari itu, gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat tersebut masih tercatat sebagai gunung api aktif. "Selain itu, ada tiga kawah yang bisa ditemukan di sana, yaitu Kawah Upas, Kawah Ratu, dan Kawah Domas," kata Benny.

Situ Bagendit

Situ Bagendit merupakan daya tarik wisata yang berada di Kabupaten Garut. Danau ini memiliki ukuran yang luas sehingga dijadikan sebagai salah satu sumber air untuk memenuhi kehidupan masyarakat di sekitar.

photo
Foto udara objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Ahad (11/9/2022). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap kawasan wisata Situ Bagendit yang baru selesai direvitalisasi dapat menjadi ikon pariwisata baru di Jawa Barat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi setempat. - (ANTARA/Adeng Bustomi)

Menurut legenda, danau tersebut tercipta akibat keserakahan dari seorang tokoh bernama Nyai Bagendit. Meskipun kehidupannya bergelimang harta, Nyai Bagendit enggan berbagi kepada warga yang tidak mampu.

Situ Cangkuang

Situ Cangkuang terletak di Kabupaten Garut. Di objek wisata tersebut wisatawan bisa menikmati daya tarik danau serta bangunan candi kuno yang diperkirakan sudah berdiri sejak abad 8 M.

photo
Tempat Wisata Alam (TWA) Situ Cangkuang, Kabupaten Garut, Jawa Barat - (Edi Yusuf/Republika)

Selain Situ Cangkuang, di lokasi ini juga terdapat Kampung Pulo yang kaya akan sejarah. Menurut cerita turun temurun, dulunya Kampung Pulo dihuni Eyang Embah Dalem Arief Muhammad, seorang penyebar agama Islam yang namanya sudah melegenda.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile