Selasa 04 Oct 2022 06:03 WIB

Tantowi Yahya Ingatkan Pentingnya Penguasaan Bahasa Asing

Dayang saing bangsa ikut dipengaruhi oleh penguasaan bahasa asing.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Tantowi Yahya.
Foto: dok. KBRI Wellington
Tantowi Yahya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Selandia Baru sekaligus musisi kondang Tanah Air, Tantowi Yahya mengajak siapapun untuk selalu ingat manfaat menguasai bahasa asing. Tantowi yang pernah dikenal menekuni bidang musik country ini menyampaikan hal tersebut dalam seminar di kegiatan peringatan Dies Natalis ke 23 Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA Jakarta. 

Seminar daring nasional tersebut bertajuk 'Peran Bahasa Asing dan Teknologi Informasi bagi Kemajuan Bangsa'. "Betapa pentingnya penguasaan bahasa asing di samping bahasa Indonesia yang baik dan benar bagi kemajuan dan daya saing bangsa," kata dia, Senin (3/10).

Baca Juga

Di samping Tantowi, peringatan ulang tahun PTS kebahasaan pertama di Jakarta ini juga menghadirkan pakar ekonomi sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional Jakarts Kumba Digdowiseiso. Kedua tokoh ini mengupas hubungan antara kemampuan berbahasa, terutama kemampuan berbahasa asing dan penguasaan teknologi dalam rangka memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa. 

Ketua STBA LIA Jakarta, Dr. Siti Yulidhar Harunasari mengatakan, aspek globalisasi dan akses terhadap ilmu pengetahuan  menjadi salah satu alasan mengapa  penguasaan terhadap bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya memegang peranan penting dalam kemajuan peradaban bangsa 

"Bahasa bukan lagi sekedar alat komunikasi, tetapi juga alat adaptasi sosial dan alat integrasi sosial masyarakat global," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement