Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

16 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tantowi Yahya Ingatkan Pentingnya Penguasaan Bahasa Asing

Senin 03 Oct 2022 23:03 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Tantowi Yahya.

Tantowi Yahya.

Foto: dok. KBRI Wellington
Dayang saing bangsa ikut dipengaruhi oleh penguasaan bahasa asing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Selandia Baru sekaligus musisi kondang Tanah Air, Tantowi Yahya mengajak siapapun untuk selalu ingat manfaat menguasai bahasa asing. Tantowi yang pernah dikenal menekuni bidang musik country ini menyampaikan hal tersebut dalam seminar di kegiatan peringatan Dies Natalis ke 23 Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA Jakarta. 

Seminar daring nasional tersebut bertajuk 'Peran Bahasa Asing dan Teknologi Informasi bagi Kemajuan Bangsa'. "Betapa pentingnya penguasaan bahasa asing di samping bahasa Indonesia yang baik dan benar bagi kemajuan dan daya saing bangsa," kata dia, Senin (3/10).

Baca Juga

Di samping Tantowi, peringatan ulang tahun PTS kebahasaan pertama di Jakarta ini juga menghadirkan pakar ekonomi sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional Jakarts Kumba Digdowiseiso. Kedua tokoh ini mengupas hubungan antara kemampuan berbahasa, terutama kemampuan berbahasa asing dan penguasaan teknologi dalam rangka memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa. 

Ketua STBA LIA Jakarta, Dr. Siti Yulidhar Harunasari mengatakan, aspek globalisasi dan akses terhadap ilmu pengetahuan  menjadi salah satu alasan mengapa  penguasaan terhadap bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya memegang peranan penting dalam kemajuan peradaban bangsa 

"Bahasa bukan lagi sekedar alat komunikasi, tetapi juga alat adaptasi sosial dan alat integrasi sosial masyarakat global," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile