Selasa 04 Oct 2022 12:40 WIB

Apple tidak Lagi Gunakan Kartu SIM untuk iPad

Ipad mempunyai berbagai opsi konektivitas.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Apple tidak Lagi Gunakan Kartu SIM untuk iPad
Foto: dailymail
Apple tidak Lagi Gunakan Kartu SIM untuk iPad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut dokumen dukungan yang diperbarui pada 1 Oktober 2022, Apple tidak akan lagi menyediakan kartu SIM untuk perangkat iPad. iPad merupakan salah satu jajaran tablet terlaris di dunia dan mempunyai berbagai opsi konektivitas.

Semua iPad dilengkapi dengan dukungan untuk konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth serta dukungan untuk berbagi file AirDrop dari Apple. Namun, bagi pelanggan yang ingin menggunakan iPad saat bepergian, Apple menawarkan model seluler dengan biaya tambahan. Dengan model ini, iPad dapat dihubungkan ke paket seluler untuk mengakses internet tanpa koneksi Wi-Fi.

Baca Juga

Perusahaan memperkenalkan Apple SIM pada tahun 2014 sebagai cara cepat untuk menetapkan konektivitas seluler ke model iPad yang mumpuni. Ini memungkinkan pengguna menetapkan SIM Apple generik untuk memilih operator yang didukung di seluruh dunia.

Program ini dimulai dengan kartu nano-SIM fisik, tetapi sejak itu mengandalkan teknologi eSIM untuk kemampuan seluler. Teknologi eSIM mengabaikan kartu SIM tradisional dan mendukung chip digital yang tertanam di dalam perangkat keras perangkat. Kemampuan SIM digital ini telah hadir di smartphone selama bertahun-tahun dan telah mengubah cara SIM ditetapkan ke perangkat.

Selain SIM Apple fisik, beberapa iPad juga menggunakan SIM Apple tertanam. Namun sekarang, pengguna iPad tidak akan dapat menerima kartu SIM fisik di Apple Store saat membeli iPad seluler. Menurut halaman dukungan Apple, SIM Apple fisik disertakan pada versi seluler iPad Air 2, iPad 5, iPad 6, iPad mini 3, iPad mini 4, dan iPad Pro 12,9 inci generasi pertama.

Dikutip Screen Rant, Selasa (4/10/2022), Apple SIM digital tertanam disertakan pada versi seluler iPad Pro 9,7 inci, iPad Pro 10,5 inci, dan iPad Pro 12,9 inci generasi kedua. Pada 2018, iPad mulai menggunakan teknologi eSIM standar dan model ini tidak memerlukan penggunaan SIM Apple untuk konektivitas seluler.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement