Sabtu 15 Oct 2022 18:30 WIB

IBL Gelar Piala Indonesia Saat Parmusim untuk Persaingan Pebasket Lokal

IBl Piala Indonesia Bola Basket digelar pada 4-13 November di Solo.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Salah satu pertandingan bola basket IBL pada kompetisi musim lalu. IBL akan menggelar turnamen pramusim Piala Indonesia.
Foto: ANTARA/Novrian Arbi
Salah satu pertandingan bola basket IBL pada kompetisi musim lalu. IBL akan menggelar turnamen pramusim Piala Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang IBL musim 2023 yang akan digelar pertengahan Januari mendatang. IBL akan mengadakan turnamen basket pramusim Piala Indonesia. Ajang yang diikuti 15 tim IBL dan hanya bermaterikan pemain lokal ini akan berlangsung 4-13 November 2022 di Sritex Arena Solo, Jawa Tengah.

"Ini ajang terbaik bagi pemain lokal dan 15 klub IBL menjelang musim kompetisi 2023, Januari nanti. Selain semangat memajukan bola basket Tanah Air melalui pertandingan yang kompetitif, ajang ini juga akan mengolaborasikan kompetisi talenta anak muda setempat yang akan menghibur di sela pertandingan," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah. 

Baca Juga

Turnamen ini menambah jumlah menit bermain bagi setiap tim dan pemain. Sebelumnya, menit bermain ini juga sudah bertambah dengan adanya penambahan jumlah pertandingan. Dari awalnya total 97 pertandingan selama semusim, kompetisi IBL sudah menjalankan 176 pertandingan selama babak reguler. 

Di Piala Indonesia, para pemain yang mungkin menit berkurang karena bersaing dengan pemain asing kini punya kesempatan lebih. Inilah yang harus dimanfaatkan oleh para pemain ini untuk menunjukkan kemampuannya.

"Pemenang peringkat Indonesia Cup (Piala Indonesia) juga akan mendapatkan hadiah dengan nilai total Rp 300 juta," kata Junas menambahkan.

Solo dipilih sebagai kota penyelenggaraan karena antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap bola basket. Apalagi Solo memiliki wakil West Bandits yang berlaga di IBL.

Piala Indonesia diharapkan akan semakin meningkatkan animo serta prestasi pemain-pemain masa depan Solo. Solo pernah memiliki tim legendaris, Bhinneka yang juga diperkuat pemain-pemain legendaris seperti I Made Sudiadnyana, Lie Tjui Tek, Wahyudi, Suyudi, Hardono Putra Prayogo dan banyak lagi.

Kota Solo sebenarnya selalu masuk dalam kandidat kota penyelenggara kompetisi IBL. "Musim sebelumnya, Solo batal dikunjungi karena situasi covid omicron yang tidak memungkinkan," tuturnya.

Junas juga berterima kasih atas dukungan dari pemerintah kota Solo untuk penyelenggaraan Piala Indonesia ini. "Wali kota dan pemerintah Kota Solo memberikan dukungan penuh untuk kegiatan ini," pungkasnya. 

Turnamen Piala Indonesia membagi 15 klub IBL ke dalam empat grup pada babak penyisihan untuk menentukan tim yang berhak maju ke babak berikutnya. Mereka bertarung dengan sistem round robin di grup masing-masing. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement