Rabu 07 Dec 2022 12:56 WIB

Hal-Hal yang Secara Alami Lepaskan Hormon Dopamin, Bikin Nyaman dan Happy

Hormon dopamin datangkan perasaan nyaman dan bahagia..

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
...
Foto: Pxfuel
Anak makan (ilustrasi). Makan termasuk aktivitas yang secara alami memicu pelepasan homon dopamin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dopamin dikaitkan dengan perasaan nyaman dan bahagia. Bahan kimia itu diproduksi di otak, dan otak melepaskannya saat seseorang melakukan aktivitas dan perilaku tertentu. Banyak di antaranya sudah dilakukan secara rutin setiap hari.

"Setiap kali kita berpartisipasi dalam aktivitas yang dianggap penting dari sudut pandang tubuh, otak melepaskan dopamin dalam jumlah besar," kata profesor neurologi Kiran F Rajneesh dari Ohio State University Wexner Medical Center, dikutip dari laman Huffington Post, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga

Otak melakukannya dengan maksud agar tubuh melakukan aktivitas tersebut lebih banyak. Rajneesh yang merupakan direktur divisi nyeri neurologis dan profesor neurologi menjelaskan, tugas dopamin adalah membuat seseorang merasakan penghargaan, mempelajari tempat dan aktivitas yang mengarah pada penghargaan.

Hormon tersebut membuat seseorang ingin mengulangi perilaku tertentu. Selain itu, pelepasan dopamin juga merupakan bagian dari fungsi harian tubuh. Berikut adalah beberapa aktivitas sehari-hari yang membantu pelepasan dopamin secara alami.

- Makan

Rajneesh menjelaskan, aktivitas apa pun yang melindungi secara evolusioner dan penting untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup akan mengaktifkan dopamin. Makan termasuk dalam kategori itu. Beberapa penelitian bahkan mengatakan bahwa makan menghasilkan pelepasan dopamin dua kali: saat makanan disantap dan saat makanan ada di perut.

- Minum

Bayangkan minum segelas air saat cuaca terik atau setelah berolahraga, pasti terasa seperti mendapat anugerah. Tidak heran jika minum masuk kategori aktivitas yang memicu pelepasan dopamin di otak.

Akan tetapi, tidak semua tegukan air akan melepaskan dopamin. Kondisinya hanya saat seseorang benar-benar menginginkan atau membutuhkan air.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement