Selasa 13 Dec 2022 19:56 WIB

Jabar Fokuskan Anggaran 2023 untuk Pengendalian Inflasi dan JPS

DIPA APBN 2023 harus dimanfaatkan untuk mengendalikan situasi yang tidak pasti

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Untuk mengantisipasi prediksi para kepala negara akan kemungkinan adanya krisis ekonomi secara global, Jabar akan memfokuskan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2023  untuk pengendalian inflasi dan persiapan jaring pengaman sosial (JPS).
Foto: istimewa
Untuk mengantisipasi prediksi para kepala negara akan kemungkinan adanya krisis ekonomi secara global, Jabar akan memfokuskan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2023 untuk pengendalian inflasi dan persiapan jaring pengaman sosial (JPS).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Untuk mengantisipasi prediksi para kepala negara akan kemungkinan adanya krisis ekonomi secara global, Jabar akan memfokuskan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2023  untuk pengendalian inflasi dan persiapan jaring pengaman sosial (JPS).  

"Pak Presiden dan seluruh Kepala Negara di G20 memprediksi, bahwa 2023 ini tingkat ketidakpastiannya sangat tinggi, khususnya dalam bidang ekonomi," ujar Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin petang (12/12).

Baca Juga

Oleh karena itu, kata dia, bobotnya adalah bagaimana pengendalian inflasi bisa kita lakukan, lalu bagaimana jaminan sosial untuk pengentasan masyarakat kemiskinan ekstrem. "Itu pesan yang terkuat di dalam penyerahan DIPA ini," katanya.

Setiawan mengatakan, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN 2023 harus dimanfaatkan untuk mengendalikan situasi yang tidak pasti sejak dini. Untuk itu, persiapan pelaksanaan DIPA 2023 mesti dapat dimulai pada bulan Desember 2022.