Kamis 22 Dec 2022 12:05 WIB

Pancasila, Sekadar Dogma atau Sudah Dipraktikkan Secara Nyata? Ini Kata Guru Besar UII

Pancasila tidak bertentangan dengan ajaran Islam dalam kehidupan berbangsa bernegara.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Pancasila dan agama. Pancasila tidak bertentangan dengan ajaran Islam dalam kehidupan berbangsa bernegara
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Pancasila dan agama. Pancasila tidak bertentangan dengan ajaran Islam dalam kehidupan berbangsa bernegara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Guru Besar Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Amir Mualim, menyebut mengamalkan nilai-nilai Pancasila bisa dilakukan seperti seorang umat dalam beragama. Antara narasi dan teori yang digaungkan harus sama dengan aksi yang dilakukan. 

Dia pun mengutip kalimat yang pernah disampaikan oleh seorang motivator Ary Ginanjar Agustian. Dia pernah menyebut "Banyak orang berilmu, tapi ilmu yang dimiliki tidak masuk di dalam hati. Banyak orang yang berilmu tapi ilmunya tidak saling melengkapi. Banyak orang yang berilmu tetapi ilmunya tidak ada aksi."

Baca Juga

"Ungkapan ini saya kira berkaitan dengan pesan-pesan luhur dalam agama Islam dan agama lain, yang memiliki kepercayaan dalam konteks yang berhubungan dengan masalah-masalah jati diri sebagai orang beragama," ujar Amir Mualim dalam kegiatan Dialog Kebangsaan Pancasila dan Tonggak Peradaban Bangsa secara daring, beberapa waktu lalu.

Terkait ungkapan 'Orang yang berilmu tapi tidak masuk ke dalam hati' disebut sesuai dengan pesan luhur yang tertulis dalam surat Al-Baqarah ayat 44.