Sabtu 24 Dec 2022 10:06 WIB

Cara McDonald's Indonesia Dukung Peningkatan Literasi Anak

McD merenovasi dan melengkapi fasilitas taman baca masyarakat yang sudah ada.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Partner
.
Foto: network /Shelbi Asrianti
.

Anak-anak membaca<a href= buku di Rumah Baca Zhaffa, Tebet, Jakarta. (Dok McDonald's Indonesia)" />
Anak-anak membaca buku di Rumah Baca Zhaffa, Tebet, Jakarta. (Dok McDonald's Indonesia)

JAKARTA -- McDonald’s Indonesia menghadirkan McD Library sebagai wujud dukungan terhadap peningkatan literasi anak. Caranya, dengan merenovasi taman baca masyarakat (TBM) bernama Rumah Baca Zhaffa yang berlokasi di Tebet, Jakarta.

Rumah baca tersebut berada di bawah naungan Forum Taman Baca Masyarakat (Forum TBM). Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka, mengatakan McD Library merupakan salah satu wujud nyata komitmen McDonald’s terhadap program literasi anak.

Menurut Sutji, taman baca merupakan sarana edukatif untuk menumbuhkan minat baca anak. Apalagi, jika dilengkapi dengan infrastruktur yang memadai serta fasilitas yang lengkap. Tentunya, hal itu akan menarik kehadiran anak-anak untuk berkunjung dan membaca buku.

"Oleh karena itu, McDonald's Indonesia memberikan dukungan melalui sarana dan prasarana memadai sehingga anak-anak dapat mengakses banyak buku dengan rasa senang dan nyaman," ujar Sutji melalui pernyataan resminya.

Sebelumnya, Rumah Baca Zhaffa sudah aktif beroperasi sejak 2008 serta memiliki 50 anggota aktif. Namun, setelah 14 tahun berlalu, buku-buku perlu diperbarui sesuai perkembangan zaman. Kondisi bangunan pun sudah perlu direnovasi.

Tampilan baru Rumah Baca Zhaffa. (Dok McDonald's Indonesia)
Tampilan baru Rumah Baca Zhaffa. (Dok McDonald's Indonesia)

McDonald’s memilih Rumah Baca Zhaffa sebagai proyek pilot untuk melakukan perbaikan secara menyeluruh. Setelah direnovasi, taman baca ini diubah namanya menjadi "Rumah Baca Zhaffa supported by McDonald’s". Ketua Forum TBM Provinsi DKI Jakarta, Yudi Hartanto, mengapresiasi upaya McDonald’s.

"Saya melihat semangat anak-anak untuk datang dan membaca begitu besar sehingga hal itu memotivasi saya untuk dapat terus mengelola dan membuat taman baca ini menjadi lebih baik lagi. kami menyambut baik langkah positif dan kerja sama yang diajukan McDonald’s dalam merenovasi taman baca ini," kata Yudi.

Renovasi McD Library telah berjalan selama dua bulan, sejak bulan September 2022. Ada upaya perbaikan serta perluasan sebagian besar area bangunan, melakukan pengecatan interior dan eksterior dengan dominasi warna yang mencirikan nuansa McDonald’s, serta melukis area dinding samping eksterior bangunan dengan mural bergambar anak-anak dan buku untuk melambangkan taman baca.

Pengerjaan mural melibatkan anak-anak di sekitar TBM sebagai simbol diresmikannya McD Library. Tidak hanya mengubah tampilan fisik bangunan, McDonald’s juga memfasilitasi buku bacaan anak yang lebih variatif, menambah alat peraga dan sarana edukasi, serta memperbaiki furnitur yang masih layak pakai.

McD Library memiliki rencana program edukatif berkelanjutan untuk taman baca tersebut. Ada program “McDonald’s Day” setiap Sabtu pekan ketiga setiap bulan yang menghadirkan kegiatan untuk meningkatkan minat baca anak dengan cara membaca bersama dengan mendapatkan hadiah produk dari McDonald’s.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement