Selasa 27 Dec 2022 16:52 WIB

Pemkab Kebumen Usulkan Bantuan Pembangunan 4 Jembatan Senilai Rp 90,1 Miliar

Anggaran digunakan untuk rehabiitasi, rekonstruksi, pembangunan jembatan dan jalan.

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Pemkab Kebumen telah berkirim surat ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait usulan pembangunan empat jembatan rusak di Kebumen. Anggaran yang diajukan yakni sebesar Rp 90,1 miliar.  Tampak  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.
Foto: Dok. Pemkab Kebumen
Pemkab Kebumen telah berkirim surat ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait usulan pembangunan empat jembatan rusak di Kebumen. Anggaran yang diajukan yakni sebesar Rp 90,1 miliar. Tampak Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN - Pemkab Kebumen telah berkirim surat ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait usulan pembangunan empat jembatan rusak di Kebumen. Anggaran yang diajukan, yakni sebesar Rp 90,1 miliar.

Empat jembatan rusak yang diusulkan untuk direhabilitasi dan rekonstruksi adalah Jembatan Weton, di Puring, Jembatan Cacaban di Wonotirto, Karanggayam, Jembatan Sirnoboyo, ruas jalan Sirnoboyo, Tlogopragoto, dan Jembatan Kebakalan.

Baca Juga

"Ada empat jembatan yang sudah kita usulkan untuk direhab rekon ke BNPB, salah satunya Jembatan Weton di Puring yang hilang separuh, jembatan Cacaban yang ambles pondasinya dan dua jembatan lain yang juga rusak karena bencana," ujar Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Selasa (27/12/22).

Bupati menuturkan, empat jembatan tersebut diusulkan untuk dibangun kembali ke BNPB karena kerusakannya disebabkan karena faktor bencana."Kalau ke PUPR kan sifatnya umum, tapi kalau rusaknya karena bencana itu ke BNPB karena memang ranahnya ada di sana," jelas Bupati.

Dengan usulan tersebut, Bupati berharap bisa diakomodir, dan pembangunan bisa dilaksanakan pada 2023 mendatang. Ia menyebut saat ini prosesnya sudah masuk tahap verifikasi."Harapannya semua bisa diakomodir dan bisa dilakukan pembangunan pada 2023 mendatang," ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya terus mengupayakan agar infastruktur yang rusak bisa segera diperbaiki, baik jembatan maupun jalan. Semua yang tidak bisa diperbaiki menggunakan dana APBD telah diusulkan kepada pemerintah pusat untuk dilakukan perbaikan agar masyarakat bisa melakukan aktivitas dengan nyaman dan aman.

Kepala BPBD Kebumen Haryono Wahyudi menambahkan, adanya usulan ke BNPB karena memang anggaran pemerintah daerah untuk perbaikan infastruktur sangatlah terbatas, sehingga perlu upaya lain, seperti cara yang dilakukan Bupati.

"Jadi ini memang inisiasi dan perintah langsung dari Bapak Bupati, beliau berkirim surat ke BNPB, dan kita bantu menyiapkan data dan proposal pengajuannya. Kita berharap bersama bisa diakomodir semuanya, agar segara dilakukan pembangunan," ujar Kepala BPBD Kebumen.

Total anggaran yang diajukan sebesar Rp 90,1 miliar. Anggaran digunakan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi, baik untuk pembangunan jembatan itu sendiri, jalan dan juga talud."Anggaran yang kita usulkan ada Rp 90,1  miliar itu bukan hanya jembatan tapi untuk jalannya dan talud," jelas Haryono.

Sebelumnya BNPB juga pernah memberikan bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi untuk pembangunan dinding pecahan tanah di Krakal, dan Wadasmalang, ada juga bantuan kedaruratan berupa jembatan darurat di Kecamatan Ayah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement