Sabtu 31 Dec 2022 09:16 WIB

Ini Tips Mengelola Keuangan di Tahun Resesi dan Ekonomi Gelap 2023

Apakah investasi emas dan rumah masih menarik? Bagaimana dengan saham?

Rep: Jouron/ Red: Partner
.
Foto: network /Jouron
.

Perencanaan Keuangan di 2023
Perencanaan Keuangan di 2023

Tahun 2023 diprediksi sebagai tahun resesi global dan ekonomi gelap. Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan belum meningkat, bahkan di beberapa negara sudah mengalami resesi ekonomi.

Indonesia termasuk negara yang sedikit banyak terkena dampak resesi dan ekonomi gelap ini. Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah mengingatkan itu berkali-kali.

Bagaimana dengan cara kita mengelola keuangan? Jelas, cara investasi yang benar menjadi penting.

Pertanyaannya, apakah investasi di surat-surat berharga seperti deposito, obligasi ritel, sukuk ritel, pasar uang, hingga pasar saham masih menarik?

Bagaimana dengan investasi emas? Saat ini emas masih menjadi barang investasi yang diburu masyarakat.

Properti seperti rumah dan apartemen pun menarik untuk didalami. Namun apakah investasi properti masih disarankan?

Nah untuk mengetahui lebih dalam soal perencanaan keuangan pada 2023, simak podcast OMDO bersama perencana keuangan tersertifikasi Aliyah Natasya bersama dua jurnalis senior ekonomi Elba Damhuri dan Hatim Varaby.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ۨالَّذِيْنَ يَتَرَبَّصُوْنَ بِكُمْۗ فَاِنْ كَانَ لَكُمْ فَتْحٌ مِّنَ اللّٰهِ قَالُوْٓا اَلَمْ نَكُنْ مَّعَكُمْ ۖ وَاِنْ كَانَ لِلْكٰفِرِيْنَ نَصِيْبٌ قَالُوْٓا اَلَمْ نَسْتَحْوِذْ عَلَيْكُمْ وَنَمْنَعْكُمْ مِّنَ الْمُؤْمِنِيْنَ ۗ فَاللّٰهُ يَحْكُمُ بَيْنَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ وَلَنْ يَّجْعَلَ اللّٰهُ لِلْكٰفِرِيْنَ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ سَبِيْلًا ࣖ
(yaitu) orang yang menunggu-nunggu (peristiwa) yang akan terjadi pada dirimu. Apabila kamu mendapat kemenangan dari Allah mereka berkata, “Bukankah kami (turut berperang) bersama kamu?” Dan jika orang kafir mendapat bagian, mereka berkata, “Bukankah kami turut memenangkanmu, dan membela kamu dari orang mukmin?” Maka Allah akan memberi keputusan di antara kamu pada hari Kiamat. Allah tidak akan memberi jalan kepada orang kafir untuk mengalahkan orang-orang beriman.

(QS. An-Nisa' ayat 141)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement