Kamis 05 Jan 2023 14:12 WIB

Jokowi Resmikan SPAM Regional Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis

Peresmian SPAM regional ini untuk membantu warga sekitar dapat air bersih

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi air bersih. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Kamis (5/1/2023).
Foto: Pixabay
Ilustrasi air bersih. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Kamis (5/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Kamis (5/1/2023). Jokowi menyebut, peresmian SPAM regional ini untuk membantu warga sekitar mendapatkan fasilitas air bersih.

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai-Rokan Hilir dan Bengkalis, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau," ujar Jokowi saat peresmian yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi berharap, SPAM regional ini bisa menjadi solusi atas permasalahan air baku yang juga terjadi di banyak daerah lainnya. SPAM Regional Dumai-Rokan Hilir dan Bengkalis ini bisa menyediakan air minum dengan kualitas yang baik bagi 32 ribu rumah tangga di Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis.

"Alhamdulillah pada siang hari ini kita bisa melihat sistem penyediaan air minum (SPAM) bagi masyarakat di Rokan Hilir di Bengkalis dan di Kota Dumai, nantinya bisa disuplai dari SPAM di Rokan Hilir ini yang akan bisa menyediakan air minum dengan kualitas yang baik bagi 32 ribu rumah tangga di Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis," ujar dia.

Proyek pembangunan SPAM regional ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 396,6 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sedangkan lahannya disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

Jokowi pun berharap, SPAM regional ini bisa menyalurkan air ke lebih banyak rumah tangga di sekitar. Pemerintah, kata dia, akan menindaklanjuti penyaluran air ke rumah tangga-rumah tangga lainnya jika penyaluran ke 32 ribu rumah tangga sudah diselesaikan.

"Oleh sebab itu, saya minta nanti karena ini penggunaan airnya baru 400 liter per detik, kita harapkan ini masih memiliki space ruang yang masih banyak dan ini nanti bisa disalurkan lebih banyak lagi air minum ke rumah tangga-rumah tangga yang ada di sini," kata dia.

Jokowi ingin penyediaan air minum berkualitas melalui pembangunan SPAM regional ini bisa meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. "Semoga ini menjadi penyediaan air minum dengan kualitas yang baik bagi Rokan Hilir, Bengkalis dan Dumai yang akan menyehatkan, menyejahterakan masyarakat kita," lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement