Sleman Perkuat Komitmen Cegah Narkotika Hingga Tingkat Desa 

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq

Pemkab Sleman mencanangkan enam kalurahan sebagai Kalurahan Bersih Dari Narkoba (BERSINAR) di Pendopo Parasamya, Kantor Bupati Sleman, Kamis (5/1).
Pemkab Sleman mencanangkan enam kalurahan sebagai Kalurahan Bersih Dari Narkoba (BERSINAR) di Pendopo Parasamya, Kantor Bupati Sleman, Kamis (5/1). | Foto: Dok. Pemerintah Kabupaten Sleman

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sebanyak enam kalurahan Kabupaten Sleman dicanangkan sebagai Kalurahan Bersih Dari Narkoba (BERSINAR). Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan pencanangan tersebut merupakan komitmen pemkab dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkotika di Sleman.

Keenam kalurahan itu antara lain Maguwoharjo Depok, Caturtunggal Depok, Sariharjo Ngaglik, Sinduharjo Ngaglik, Sinduadi Mlati, Tridadi Sleman. Bupati menjelaskan dalam memerangi penyalahgunaan narkotika, pemkab terus melakukan berbagai upaya bersifat pre-emtif, preventif, kuratif dan rehabilitasi.

Namun demikian, Kustini menyebut pemkab tidak mungkin bekerja sendiri dalam melakukan hal tersebut dan sangat memerlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan. Termasuk dari kalurahan.

 

"Untuk mengantisipasi merebaknya penyalahgunaan narkoba, maka seluruh pemangku kepentingan di wilayah tersebut dituntut untuk memiliki kepekaan dan kepedulian yang tinggi. Waspadai setiap ada hal-hal yang tidak biasa. Dengan itu, maka kita mempersempit ruang gerak dan kesempatan penyalahgunaan narkotika di wilayah ini," kata Kustini, Kamis (5/1).

 

Ia berharap dengan dicanangkannya Kalurahan Bersinar, masyarakat dapat proaktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba, karena penyalahgunaan dapat dicegah salah satunya lewat kesadaran masyarakat.

Dalam kegiatan pencanangan Bersinar ini juga dilakukan penandatanganan deklarasi oleh kepala BNNK Sleman, bupati Sleman, panewu, dan lurah, sebagai bentuk komitmen dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika di wilayah Sleman.

 

Pencanangan tersebut dilakukan secara langsung oleh Bupati Sleman Kustini Purnomo bersama Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sleman bertempat di Pendopo Parasamya.

 

Sementara itu, Kepala BNNP DIY dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bagian Umum BNNP DIY, Setiya Pranata menyampaikan, pencanangan Kalurahan Bersinar ini merupakan salah satu sinergi BNN dengan Pemkab Sleman dalam mendukung program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), khususnya di wilayah Sleman.

 

Ia menjelaskan pentingnya upaya P4GN hingga tingkat desa ini dikarenakan kondisi peredaran narkotika di Indonesia sangat masif dan terorganisir. Peredaran narkotika tidak hanya menyasar remaja dan dewasa, tetapi juga merambah kepada anak-anak dengan berbagai modus.

 

Berdasarkan hal tersebut, Susanto mengajak seluruh pihak untuk ikut andil dalam pencegahan pemberantasan penyalahgunaan narkotika di lingkungannya masing-masing.

Terkait


Penyebab Longsor di Wedomartani Sleman Bakal Dievaluasi

Tiga TPST di Sleman Ditargetkan Selesai Akhir 2023

Pencabutan PPKM, Masyarakat Sleman Diajak Beraktivitas Normal

Dishub Sleman Lakukan Rekayasa Lalu Lintas pada Malam Tahun Baru

Jamin Kesejahteraan Pekerja Rentan, Sleman Luncurkan Program Si Keren

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark