Kamis 12 Jan 2023 11:59 WIB

Diabetes Jadi Silent Killer Bagi Anak Muda, Kenali Cirinya Sebelum Terlambat

Belakangan ini, semakin banyak anak muda mengalami diabetes.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Diabetes menjadi silent killer bagi anak muda. Untuk itu, sebaiknya Anda mengenali tandanya sebelum terlambat. (ilustrasi)
Foto: Republika.co.id
Diabetes menjadi silent killer bagi anak muda. Untuk itu, sebaiknya Anda mengenali tandanya sebelum terlambat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ahli kesehatan telah memperkirakan peningkatan kasus penyakit mematikan di antara anak muda. Peningkatan tersebut dipicu kebiasaan buruk seperti konsumsi makanan berlemak dan gaya hidup tidak aktif. Diabetes menjadi salah satu penyakit yang menghantui generasi muda.

Diabetes biasanya menyerang orang dewasa dan bisa terjadi ketika tubuh kesulitan mengatur kadar gula darah. Namun belakangan ini, semakin banyak anak muda dan remaja. Utamanya, pada mereka yang tidak banyak bergerak dan kelebihan berat badan atau obesitas.

Baca Juga

Di Inggris, satu dari 10 anak usia sekolah hidup dengan obesitas. Untuk anak-anak kelas enam di Inggris, angka rata-rata adalah 22 persen dan angka ini meningkat menjadi lebih dari 30 persen di daerah-daerah yang paling miskin.

Mengapa kasus diabetes tipe 2 onset dini meningkat? Menurut penelitian, angkanya meningkat karena semakin banyak individu yang kelebihan berat badan dan tidak sehat. Diagnosis baru diabetes tipe 2 pada mereka yang lebih muda dari 40 tahun melonjak hingga 23 persen hanya dalam waktu setengah dekade.