Jumat 13 Jan 2023 20:16 WIB

Makanan yang Dibeli tak Selalu Higienis, Bagaimana Kalau Ada Belatungnya?

Merupakan larva lalat, belatung bisa timbulkan masalah kesehatan jika termakan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Nasi bungkus (Ilustrasi). Seorang warganet membagikan video temuan belatung di nasi bungkus yang dibelinya di warung padang.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Nasi bungkus (Ilustrasi). Seorang warganet membagikan video temuan belatung di nasi bungkus yang dibelinya di warung padang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan yang dibeli di luar tak selalu higienis. Bisa saja, lalat menghinggapinya kemudian bertelur dan sehari kemudian telurnya menetas menjadi larva yang populer disebut belatung.

Selain lalat, makanan juga bisa tercemar oleh tikus atau kecoak. Menurut dokter spesialis gizi klinis Nurul Ratna Mutu Manikam, tentu ada risiko megonsumsi makanan yang tercemar binatang. Paparan binatang pada makanan bisa menimbulkan penyakit.

Baca Juga

"Jika tercemar kotoran binatang, misalnya tikus, akan menimbulkan penyakit pes, sedangkan secara umum menimbulkan keracunan dengan gejala diare, misalnya," kata dr Nurul, Jumat (13/1/2023).

Penyakit pes umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Yersinia pestis. Penyakit pes tergolong sebagai zoonosis, yaitu penyakit yang dapat ditularkan hewan ke manusia.