Rabu 25 Jan 2023 14:55 WIB

Nasdem-PKS Kritik Soal Sodetan Ciliwung

Politisi Nasdem-PKS kritik pernyataan sindir Anies soal sodetan Ciliwung

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Bilal Ramadhan
Suasana proyek pembangunan outlet sodetan Kali Ciliwung di Jakarta, Selasa (24/1/2023). Politisi Nasdem-PKS kritik pernyataan Menteri PUPR sindir Anies soal sodetan Ciliwung.
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Suasana proyek pembangunan outlet sodetan Kali Ciliwung di Jakarta, Selasa (24/1/2023). Politisi Nasdem-PKS kritik pernyataan Menteri PUPR sindir Anies soal sodetan Ciliwung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengapresiasi upaya Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam melanjutkan upaya pengentasan banjir. Menurutnya, langkah yang dilakukan dengan normalisasi kali, pembangunan sodetan hingga pembangunan waduk berperan penting mengurangi banjir Jakarta.

Namun, pihaknya menyatakan kekecewaan tatkala pengentasan banjir itu tidak konsisten dilakukan sejak dulu. “Kalau itu konsisten dilakukan dari dulu, pasti sudah berkurang; masalahnya tadi kan enam tahun ngga diapa-apain, normalisasi ga diapa-apain, sodetan nggak diapa-apain,” kata Basuki saat meninjau sodetan Kali Ciliwung-BKT kemarin.

Baca Juga

Pernyataan itu ditanggapi beragam oleh berbagai pihak. Politisi Partai NasDem Bestari Barus menampik, jika enam tahun ke belakang saat Anies menjabat, Jakarta gagal dalam melanjutkan proyek sodetan Ciliwung.

Menurut dia, persoalan mangkrak proyek itu dia sebut karena gugatan warga Bidara Cina terhadap pemerintahan Gubernur Ahok dalam Perubahan SK Gubernur DKI Jakarta Nomor 81/2014 tentang Penetapan Lokasi Pembangunan Inlet Sodetan Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT) di PTUN dengan Nomor 59/G/2016/PTUN-JKT dan tak kunjung selesai.