Rabu 25 Jan 2023 21:08 WIB

3 Saran untuk Anda yang Gemar Bermaksiat Sembunyi-sembunyi atau Kala Sendirian

Allah SWT mengetahui maksiat yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi sekalipun

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi bertobat dari maksiat yang dilakukan sembunyi-sembunyi. Allah SWT mengetahui maksiat yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi sekalipun
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Ilustrasi bertobat dari maksiat yang dilakukan sembunyi-sembunyi. Allah SWT mengetahui maksiat yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi sekalipun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Di antara umat manusia ada yang bermaksiat saat sendiri dan hatinya memang menentang Allah SWT. Manusia lainnya bermaksiat saat sendiri karena dikalahkan syahwatnya. Padahal, seharusnya keimanannya mampu mencegah dirinya untuk bermaksiat.

Namun, dalam beberapa kondisi, syahwatnya telah menguasainya dan membutakannya. Syahwat itu menjadikan pemiliknya buta dan tuli. Akhirnya, dia pun terjerembap dalam lembah dosa. 

Baca Juga

ي الله عنه عن النبي صلى الله عليه ‏وسلم أنه قال " لأعلمن أقواماً من أمتي يأتون يوم القيامة بحسنات أمثال جبال تهامة ‏بيضاً، فيجعلها الله عز وجل هباء منثوراً". قال ثوبان: يا رسول الله صفهم لنا، جلهم ‏لنا، أن لا نكون منهم ونحن لا نعلم. قال: "أما إنهم إخوانكم ومن جلدتكم، ‏ويأخذون من الليل كما تأخذون، ولكنهم أقوام إذا خلوا بمحارم الله انتهكوها"

Dalam hadits dari Tsauban radhiyallahu ‘anhu di atas  dikisahkan bahwa orang-orang itu menerjang apa yang diharamkan Allah SWT saat sedang bersepian.