Kamis 26 Jan 2023 15:09 WIB

Terdeteksi di Balikpapan, Apa yang Perlu Diketahui tentang Varian Kraken?

Varian Kraken ialah subvarian omicron yang berpotensi lebih menular daripada lainnya.

Rep: Dessy Suciati Saputri, Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Tes swab PCR (Ilustrasi). Pemerintah tengah melakukan pelacakan kontak erat setelah ditemukannya warga Polandia di Balikpapan, Kalimantan Timur yang terinfeksi varian Kraken.
Foto: Pixabay
Tes swab PCR (Ilustrasi). Pemerintah tengah melakukan pelacakan kontak erat setelah ditemukannya warga Polandia di Balikpapan, Kalimantan Timur yang terinfeksi varian Kraken.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Subvarian kraken telah terdeteksi di Indonesia. Kasus pertamanya ditemukan pada warga Polandia yang sedang melawat ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

Apa yang perlu diketahui tentang subvarian omicron XBB.1.5 yang kemudian dijuluki varian kraken itu? Dilansir laman Express, para ahli telah memperingatkan bahwa XBB.1.15 berpotensi lebih menular daripada varian lainnya.

Baca Juga

Varian XBB.1.5 adalah turunan dari XBB yang merupakan gabungan dari dua versi BA.2. Pakar menyebutnya sebagai "varian rekombinan".

Dikutip dari laman Insider, kraken pertama kali ditemukan di AS di Timur Laut sekitar New York dan Connecticut dengan beberapa mutasi baru. Ahli biologi komputasi Andy Rothstein menjelaskan, XBB memiliki mutasi baru yang disebut F486P.

Mutasi tersebut telah meningkatkan kemampuan varian tersebut untuk lebih mudah menempel pada reseptor ACE2 di tubuh manusia. Secara praktis, ini bisa membuat virus lebih baik dalam menyebar dan menginfeksi manusia daripada XBB asli.

 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kraken memiliki keunggulan pertumbuhan daripada varian lain yang sudah tercatat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat mengungkap kasus kraken pertama kali terdeteksi pada September 2022.

Awal Januari, CDC melaporkan bahwa sekitar 40 persen kasus Covid-19 adalah kraken. Subvarian omicron itu kini telah diidentifikasi di 70 negara, termasuk Inggris.

Terlepas dari kecepatan penularannya, aliansi vaksin, GAVI, melaporkan bahwa gejala XBB.1.15 lebih mirip pilek daripada flu. Gejala itu terutama dirasakan oleh penderita Covid-19 yang telah divaksinasi atau pernah menderita Covid-19 sebelumnya.

Pakar penyakit menular di University of California, Dr John Swartzberg, juga mencermati bahwa XBB memiliki kemampuan untuk menghindari kekebalan, bisa menempel ke sel tubuh dengan cepat, serta lebih tangguh daripada subvarian lain. Meski begitu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun meminta masyarakat agar tak panik terhadap munculnya varian-varian baru SARS-CoV-2, termasuk kraken.

"Pesan saya ke masyarakat tidak usah panik kalau di dalam ruangan padat, merasa batuk atau lihat temannya batuk-batuk, pakai masker itu protokol kesehatan itu, seperti pencegahan influenza, diare, TBC, demam berdarah," ujar Menkes seusai menghadiri Rakornas Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Tahun 2023, Kamis (26/1/2023).

Menkes mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan, termasuk dengan mengenakan masker dan mencuci tangan. Selain itu, Menkes juga mendorong masyarakat, terutama kelompok rentan dan komorbid agar segera mendapatkan vaksin booster.

Setelah subvarian kraken ini terdeteksi di Indonesia, pemerintah pun melakukan surveilans. Menurut Menkes, sistem surveilans di Indonesia saat ini sudah bagus, karena itu pemerintah bisa langsung mendeteksi adanya subvarian baru ini. Selain itu, pemerintah juga tengah melakukan pelacakan kontak erat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement