Senin 30 Jan 2023 15:35 WIB

Siapa Saja yang Dimaksud Hakim dalam Hadits Nabi Muhammad

Nabi Muhammad menyebut hakim ada tiga macam.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
 Siapa Saja yang Dimaksud Hakim dalam Hadits Nabi Muhammad. Foto:  Palu hakim (Ilustrasi).
Foto: EPA
Siapa Saja yang Dimaksud Hakim dalam Hadits Nabi Muhammad. Foto: Palu hakim (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hakim diwajibkan untuk bertindak adil dan tegas. Namun apakah yang dimaksud hakim hanyalah hakim pemutus perkara?

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Hakim itu ada tiga macam, (hanya) satu yang masuk surga, sementara dua (macam) hakim lainnya masuk neraka. Adapun yang masuk surga adalah seorang hakim yang mengetahui al-haq (kebenaran) dan memutuskan perkara dengan kebenaran itu. Sementara hakim yang mengetahui kebenaran lalu berbuat zalim (tidak adil) dalam memutuskan perkara, maka dia masuk neraka. Dan seorang lagi, hakim yang memutuskan perkara (menvonis) karena 'buta' dan bodoh (hukum), maka ia (juga) masuk neraka." (HR. Abu Dawud)

Baca Juga

Dalam memahami hadis tersebut, Dosen PTIQ Ustaz Ahmad Ubaydi Hasbillah mengatakan, hadis tersebut menggunakan istilah qudlot, atau qadli. Secara umum arti hakim dalam redaksi hadis tersebut adalah adalah hakim.

"Tapi itu biasanya untuk menyebut lebih luas lagi, bukan hanya hakim. Tapi juga perangkat-perangkatnya. Dan juga penegak hukum lainnya," kata Ustaz Ubaid saat dihubungi Republika, Senin (30/1/2023).

Dia menjelaskan bahwa dalam ilmu metode memahami hadis, makna seperti itu dinamakan makna tadlamun. Yakni makna yang otomatis terkandung di dalam kata. Atau bisa juga sebagai jenis makna lawazim, yaitu perangkat-perangkat yang melekat pada suatu perkara itu memiliki status hukum yang sama dengan perkara tersebut

Untuk itu dia menjelaskan bahwa semua jenis kejahatan atau penyalahgunaan kewenangan adalah bentuk kezaliman. "Jadi sudah masuk dalam hadis tersebut (tergolong masuk neraka termasuk kejahatan/kecurangan lainnya oleg penegak hukum menerima suap, korupsi, dan lainnya). Meskipun ada hadis-hadis yang lebih spesifik tentang suap, korupsi, dan lainnya itu," ujarnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement