Kamis 02 Feb 2023 04:15 WIB

Sering Pakai Obat Kumur Bisa Picu Hipertensi, Zat Kimia Ini Biang Keladinya

Peneliti mengungkap hubungan potensial antara obat kumur dengan hipertensi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Obat kumur. Zat kimia bernama chlorhexidine di dalam mouthwash bisa membunuh bakteri baik sekaligus meningkatkan tekanan darah.
Foto: Flickr
Obat kumur. Zat kimia bernama chlorhexidine di dalam mouthwash bisa membunuh bakteri baik sekaligus meningkatkan tekanan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Hipertensi adalah salah satu faktor risiko kematian dini dan kecacatan yang paling dapat dicegah di dunia, namun tetap memiliki dampak yang tak terukur. Beberapa penelitian memaparkan penyebabnya, seperti komponen antiseptik dari obat kumur tertentu yang berkaitan dengan peningkatan tekanan darah.

Pada 2020, sebuah studi observasional yang diterbitkan dalam jurnal Blood Pressur, menunjukkan bahwa penggunaan obat kumur yang terlalu sering dapat menjadi faktor risiko hipertensi. Penelitian ini dilakukan pada sampel orang yang obesitas dan berusia antara 40 hingga 65 tahun.

Baca Juga

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan hubungan potensial antara obat kumur yang dijual bebas dengan penyebab hipertensi. Ada 1.028 peserta dinilai melalui paparan primer penggunaan obat kumur dua kali sehari atau lebih. Hasil menunjukkan bahwa 12 persen peserta mengembangkan hipertensi selama masa penelitian.

"Orang yang menggunakan obat kumur dua kali sehari atau lebih memiliki insiden hipertensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang jarang atau tidak pernah menggunakan obat kumur," kata para peneliti dalam studi tersebut, dilansir laman Express, Rabu (1/2/2023).

Publikasi sebelumnya oleh kelompok penelitian yang sama juga menyoroti potensi dampak sistemik dari penggunaan obat kumur yang terlalu sering. Menurut temuan sebelumnya, penggunaan obat kumur dua kali atau lebih setiap hari dikaitkan dengan 55 persen peningkatan risiko hipertensi dan diabetes dalam periode tiga tahun.

Dalam uji coba yang lebih pendek sebelumnya telah ditunjukkan bahwa obat kumur antibakteri menghabiskan bakteri pereduksi nitrat oral dalam tubuh sehingga menghambat efek oksida nitrat pada tubuh. Oksida nitrat diproduksi oleh hampir semua sel manusia, dan merupakan salah satu molekul paling penting untuk kesehatan pembuluh darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement