Jumat 03 Feb 2023 00:54 WIB

Jelang KTT ASEAN, Heru Budi Lakukan Penataan Jalur Hijau di Pluit

Jalur yang dilewati delegasi KTT ASEAN 2023 di pergudangan Pluit ditanami pepohonan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.
Foto: Republika/Prayogi
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan penataan kawasan pergudangan Pluit, di sisi Tol Bandara Soekarno-Hatta, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Kamis (2/2/2023). Nantinya, jalur tol itu dilewati delegasi KTT ASEAN 2023.

"Jadi, ini di sepanjang jalan (pergudangan) yang kita tanam kurang lebih sepanjang satu kilometer sampai 1,5 kilometer, yang tadinya di tempat kita berdiri ini adalah tempat kurang tertata jika dilihat dari jalan tol," katanya di lokasi pada Kamis.

Heru menjelaskan, penanaman pohon di sepanjang jalur tol adalah sebuah pembuktian kalau keterbatasan lahan tidak menjadi penghambat bagi upaya penghijauan di DKI Jakarta. Bahkan, berbagai aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI pun dapat dimanfaatkan untuk penambahan ruang terbuka hijau (RTH).

Selain demi menurunkan emisi karbon, juga sekaligus memperbaiki kualitas udara di Jakarta. "Semoga kegiatan penanaman pohon dan penataan kawasan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan serta konsisten di wilayah lain, sehingga kualitas udara dan kelestarian lingkungan di Jakarta semakin baik serta berkontribusi pada pencapaian target penurunan emisi karbon," kata Heru.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) tersebut berharap, penataan kawasan di sisi Tol Bandara Soekarno-Hatta mampu menghadirkan suasana Kota Jakarta yang hijau dan nyaman. Sehingga, langkah itu sekaligus berperan aktif mendukung Indonesia sebagai tuan rumah yang baik bagi para delegasi KTT ASEAN.

"Harapannya, kawasan pergudangan di Pluit Karang Karya ini selalu tertata rapi, hijau dan asri serta tidak disalahgunakan untuk hal yang merugikan. Mengingat kawasan tersebut adalah lintasan tamu-tamu negara peserta KTT ASEAN 2023 dari bandara menuju Jakarta," kata Heru.

Peninjauan penataan kawasan pergudangan Pejagalan itu turut serta dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, Kadis Bina Marga DKI Hari Nugroho, Kadis Sumber Daya Alam DKI Yusmada Faizal, serta Plt Kadis Tamhut Afan Andriansyah.

Hingga kini, terdapat 301 jumlah pohon yang sudah ditanam di kawasan tersebut, dari target penanaman 850 pohon. Di antara, pohon yang sudah ditanam adalah spatodea, mahoni, tabebuia, flamboyan, menteng, jamblang, jambu bol, cempedak. Adapun tanaman hias, mencakup widelia, pretty pink, dan kembang merak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement