Kamis 23 Feb 2023 13:05 WIB

NASA dan SpaceX Tunda Peluncuran Astronaut Crew-6, Sampai Kapan?

Setelah tinjauan kesiapan penerbangan yang panjang, rencana peluncuran ditunda.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Setelah melakukan peninjauan kesiapan penerbangan yang panjang, NASA dan SpaceX memutuskan untuk menunda peluncuran Crew-6/ilustrasi.
Foto: spacex
Setelah melakukan peninjauan kesiapan penerbangan yang panjang, NASA dan SpaceX memutuskan untuk menunda peluncuran Crew-6/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Penerbangan misi empat orang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang dikenal sebagai Crew-6, telah dijadwalkan untuk diluncurkan dari pusat Antariksa Kennedy Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) di Florida pada Ahad (26/2/2023). Namun, setelah tinjauan kesiapan penerbangan (FRR) yang panjang pada Selasa (21/2/2023) NASA dan SpaceX memutuskan untuk menunda peluncuran selama 24 jam.

Rencana saat ini menyebut peluncuran roket SpaceX Falcon 9 untuk meluncurkan kapsul Dragon Crew-6 Endeavour pada Senin (27/2/2023) pukul 01.45 EST atau pukul 13.45 WIB. Tambahan hari itu akan memungkinkan tim peluncuran untuk mengatasi beberapa masalah kecil dengan Endeavour dan Falcon 9, kata perwakilan SpaceX dan NASA selama pengarahan pasca-FRR pada Selasa (21/2/2023) malam.

Baca Juga

Misalnya, anggota tim ingin menganalisis lebih lanjut kinerja termal dari “panel pod” yang menutupi eksterior Endeavour, kata Steve Stich, manajer Program Kru Komersial NASA. Mereka juga ingin melihat composite overwrapped pressure vessels (COPVs) di Falcon 9, botol helium yang berada di tangki oksigen cair roket.

“Kami telah memperhatikan bahwa ada pencampuran yang dilakukan di beberapa area pada liner, dan kami memiliki beberapa pengujian dan analisis untuk memastikan bahwa itu bagus untuk penerbangan,” kata Stitch tentang pekerjaan COPV selama pengarahan Selasa (21/2/2023), dilansir dari Space, Kamis (23/2/2023)