Jumat 24 Feb 2023 22:13 WIB

Roket dan Kapsul Dragon Astronot Arab Sudah Siap di Landasan

Roket Falcon 9 dan Crew Dragon Endeavour akan diluncurkan pada Senin, 27 Februari.

Rep: Ilham Tirta/ Red: Partner
.
Foto: network /Ilham Tirta
.

Kapsul Crew Dragon dan roket<a href= SpaceX Falcon 9 siap diluncurkan di Launch Pad 39A, Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral pada Kamis, 23 Februari. Gambar: SpaceX " />
Kapsul Crew Dragon dan roket SpaceX Falcon 9 siap diluncurkan di Launch Pad 39A, Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral pada Kamis, 23 Februari. Gambar: SpaceX

ANTARIKSA -- Wahana roket SpaceX untuk peluncuran astronot NASA berikutnya dari Florida sudah siap terbang. Diatapi kapsul Crew Dragon, roket SpaceX Falcon 9 dikeluarkan dari hanggarnya di Launch Pad 39A, Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral pada Rabu, 22 Februari 2023 malam. Kemudian diangkat ke posisi peluncuran pada Kamis, 23 Februari pagi.

Peluncuran akan dilakukan pada Senin, 27 Februari pukul 1.45 EST atau 13.45 WIB. "Falcon 9 dan Dragon di Launch Complex 39A, menargetkan Senin, 27 Februari untuk peluncuran misi Crew-6," tulis SpaceX di Twitter bersama serangkaian foto roket dan kapsul di landasan peluncuran.

Misi Crew-6 SpaceX akan membawa astronot NASA, Stephen Bowen dan Warren Hoburg ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) bersama kosmonot Rusia Andrey Fedyaev dari Roscosmos dan astronot Uni Emirat Arab Sultan Alneyadi. Keempat pria tersebut akan diluncurkan dengan Crew Dragon Endeavour SpaceX.

Peluncuran itu adalah yang keempat bagi kapsul Dragon Endeavour setelah penerbangan uji awak Demo-2 SpaceX pada 2020, penerbangan Crew-2 pada 2021, dan penerbangan pribadi Axiom Mission-1 berikutnya. Crew-6 adalah misi berawak ketujuh SpaceX untuk NASA di bawah program awak komersial badan tersebut.